Logo BeritaSatu

Imbang 2-2, Argentina vs Belanda Dilanjutkan Babak Tambahan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 04:02 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Lusail, Beritasatu.com - Pertandingan Argentina melawan Belanda di peremat final Piala Dunia 2022 dilanjutkan babak tambahan setelah berakhi imbang, 2-2, setelah bermain 90 menit di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Argentina memimpin 2-0 lebih dulu melalui gol yang dicetak Nehuel Molina dan penalti Lionel Messi. Sementara gol balasan Belanda dicetak diborong Wout Weghorst pada menit ke 83 dan 90+11.

Advertisement

Dalam partai perempat final ini, Belanda mengandalkan lini depan kepada Memphis Depay sementara Argentina bertumpu kepada Lionel Messi.

Pelatih Belanda, Louis van Gaal mengusung formasi 3-4-1-2. Dia menduetkan Memphis Depay dan Steven Bergwijn di lini depan. Dua pemain ini ditopang penyerang lubang Cody Gakpo.

Sementara di kubu Argentina, pelatih Lionel Scaloni tetap menumpukan serangan kepada Lionel Messi. Pemain PSG ini diduetkan dengan Julián Álvarez dalam formasi 5-3-2.

Di semifinal, pemenang partai ini akan bertemu Kroasia yang secara mengejutkan menundukkan juara lima kali, Brasil, lewat adu penalti dengan skor, 4-2.

Menit ke-22, Lionel Messi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti Belanda. Namun sepakannya melebar.

Belanda juga membuat aksi serupa melalui Steven Bergwijn dua menit kemudian. Namun tembakan penyerang Ajax itu juga tak menemui sasaran.

Argentina pertama kali melancarkan tendangan tepat ke arah gawang melalui aksi Rodrigo de Paul. Menerima umpan dari Alexis Mac Allister, De Paul kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang yang bisa ditangkap dengan baik oleh kiper.

Argentina mengakhiri kebuntuan melalui gol dicetak Nehuel Molina pada menit ke-35. Gol berawal dari aksi individu Lionel Messi merangsek pertahanan Belanda.

Dia kemudian menyodorkan bola kepada Nehuel Molina yang sudah berada di kotak penalti. Setelah sebentar mengontrol bola, Molina kemudian berhasil melesakkan ke gawang meski bertabrakan dengan kiper Andries Noppert.

Gerakan pemain Belanda yang terlalu terkonsentrasi kepada Messi, menjadi faktor De Oranje kebobolan. Dia kemudian dengan jeli memberikan bola kepada Molina yang sudah siap mendobrak.

Beberapa saat kemudian, Lionel Messi kembali menekan Belanda melalui tembakan tepat ke gawang. Namun upaya striker PSG ini gagal menghasilkan gol karena bola diamankan kiper. Skor 1-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Van gaal memasukkan Teun Koopmeiners dan Steven Berghuis yang masing-masing menggantikan gelandang Marten de Roon dan sriker Steven Bergwijn.

Belanda berusaha menyamakan kedudukan dengan mengambil inisiatif menyerang. Namun Argentina juga tetap berusaha menekan lawannya untuk menambah keunggulan.

Lionel messi nyaris menambah keunggulan timnya pada menit ke-63 lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti. Tembakannya berhasil melewati pagar pemain Belanda namun tak menemui sasaran karena melayang tipis di atas mistar.

Argentina menambah keunggulan melalui Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-73. Penalti diberikan wasit setelah Marcos Acuna yang tengah menyerang dari sisi kanan pertahanan Belanda dijatuhkan Denzel Dumfries di kotak penalti.

Lionel Messi yang menjadi eksekutor mengarahkan bola ke kanan sementara kiper Andries Noppert tak bereaksi dan memutuskan tidak bergerak menjangkau bola. Argentina memimpin 2-0 berkat gol penalti Messi ini.

Gol mempertipis ketinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-83. Gol dicetak Wout Weghorst. Gol berawal dari sodoran Steven Berghuis dan diselesaikan dengan baik oleh Wout Weghorst.

Sempat terjadi kericuhan setelah Nathan Ake diganjal Leandro Paredes. Wasit menentukan waktu tambahan 10 menit. Dan Belanda menyamakan kedudukan melalui Wout Weghorst.

Susunan pemain:

Belanda (3-4-1-2): 23 Andries Noppert; 2 Jurrien Maduro, 4 Virgil van Dijk, 5 Nathan Ake, 22 Denzel Dumfries; 15 Marten de Roon (20 Teun Koopmeiners 45), 21 Frenkie de Jong, 17 Daley Blind (9 Luuk de Jong 64); 8 Cody Gakpo; 10 Memphis Depay (19 Wout Weghorst 78), 7 Steven Bergwijn (11 Steven Berghuis 45).

Argentina (5-3-2): 23 Emiliano Martinez; 26 Nahuel Molina, 13 Cristian Romero (3 Nicolás Tagliafico 78), 19 Nicolás Otamendi, 25 Lisandro Martínez, 8 Marcos Acuna (6 Germán Pezzella 78); 7 Rodrigo de Paul (5 Leandro Paredes 66), 24 Enzo Fernandez, 20 Alexis Mac Allister; 9 Julián Álvarez (22 Lautaro Martínez 82), 10 Lionel Messi



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Persib vs PSS: David da Silva Incar Gawang "Super Elang Jawa"

Striker Persib, David da Silva sudah mencetak 16 gol sejauh ini dan memimpin perburuan top skor.

BOLA | 5 Februari 2023

Liga Italia: Lawan Inter, Milan Lagi Tumpul di Depan dan Rapuh di Pertahanan

Derbi Milan di Liga Italia tersaji di Stadion San Siro, Senin (6/2/2023). Milan saat ini lagi tumpul di depan, dan rapuh di pertahanan.

BOLA | 5 Februari 2023

Tandang ke Tottenham, Manchester City Harus Menang

Manchester City harus memaksimalkan lawatannya ke kandang Tottenham untuk memperpendek jarak dengan Arsenal di klasemen Liga Inggris.

BOLA | 5 Februari 2023

Piala Dunia Antarklub 2023: Al Ahly Tantang Real Madrid di Semifinal

Al Ahly melenggang ke semifinal Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Seattle Sounders 1-0 di perempat final.

BOLA | 5 Februari 2023

Sergio Ramos Akui Lionel Messi Pemain Terbaik Dunia

Setelah dua musim bersama pemain Argentina itu sebagai rekan setimnya, Sergio Ramos kini melihat Lionel Messi dari sudut pandang baru.

BOLA | 5 Februari 2023

Barcelona vs Sevilla: Xavi Siap Pecahkan Rekor Pep Guardiola

Jika menang tanpa kebobolan, Barcelona bersama Xavi akan mengalahkan rekor tim  2011/12 yang hanya kebobolan dua gol dalam sepuluh pertandingan kandang di liga.

BOLA | 5 Februari 2023

Duh, Ternyata Casemiro Sepanjang Karier Pakai Nama Salah di Jersey

Casemiro mengungkapkan awal pemakaian nama ini dengan dibumbui sedikit takhayul ketika masih mengawali kariernya di Sao Paulo.

BOLA | 5 Februari 2023

Roma vs Empoli: I Giallorossi Menang Lewat Dua Gol Cepat

Dua gol Roma tercipta ketika laga belum genap 10 menit yakni lewat Roger Ibanez di menit 2 dan Tamy Abraham di menit 6.

BOLA | 5 Februari 2023

Ligue 1: Hakimi dan Messi Bawa PSG Kalahkan Toulouse

Branco van de Boomen membuat Toulouse unggul sebelum dibalas PSG dua gol lewat Achraf Hakimi di menit 38 dan Lionel Messi di menit 58.

BOLA | 5 Februari 2023

Sakit, Ezra Walian Terancam Absen Bela Persib Lawan PSS

Striker Ezra Walian terancam absen membela Persib Bandung dalam pertandingan menjamu PSS karena sakit.

BOLA | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE