Milan Dipermalukan Juve, Higuain Diganjar Kartu Merah

Milan Dipermalukan Juve, Higuain Diganjar Kartu Merah
Striker AC Milan, Gonzalo Higuain (keempat kiri) ditenangkan oleh rekan-rekannya setelah diganjar kartu merah saat timnya menjamu Juventus dalam laga Serie A, Minggu, 11 November 2018. (Foto: AFP PHOTO / Miguel Medina)
Jaja Suteja / JAS Senin, 12 November 2018 | 05:21 WIB

Milan - Pertandingan melawan Juventus benar-benar menjadi mimpi buruk bagi striker AC Milan, Gonzalo Higuain. Selain timnya kalah, penyerang asal Argentina ini juga gagal mencetak gol dari titik penalti. Lebih parah lagi, pemain yang pernah membela Real Madrid ini diganjar kartu merah dan harus meninggalkan lapangan pada menit ke-83.

Higuain pulih dari cedera punggung dan akhirnya tampil sebagai sebagai starter dalam laga Serie A pekan k-12, Minggu (11/11) atau Senin dini hari WIB. Pelatih Gennaro Gattuso menurunkannya sebagai trio di lini depan bersama Samu Castillejo.

Patrick Cutrone dan Davide Calabria tidak fit 100 persen. Sementara Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura, Mateo Musacchio, Mattia Caldara, dan Andrea Conti absen akibat cedera. Juve sendiri tak diperkuat Juan Cuadrado. Leonardo Bonucci juga duduk di bangku cadangan. Mungkin untuk "melindunginya" dari ejekan publik tuan rumah karena ini untuk pertama kalinya dia kembali ke San Siro, yang musim lalu menjadi kandangnya.

Gawang Milan bobol saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Umpan silang yang dikirim Alex Sandro dari sisi kiri disambut Mario Mandzukic dengan sundulan. Meski dikawal Ricardo Rodriguez, penyerang Kroasia itu berhasil melesakkan bola ke gawang.

Mandzukic sempat nyaris menjebol gawang Milan untuk kedua kalinya dengan cara yang sama. Namun kali ini Alessio Romagnoli berhasil mencegahnya. Milan kemudian berganti formasi menjadi 4-3-3 setelah 25 menit. Castillejo pun bertugas lebih melebar.

Milan mendapat hadiah penalti pada menit ke-40 setelah video assistant referee (VAR) menunjukkan bek Juventus, Mehdi Benatia, menahan bola dengan tangan. Higuain pun maju menjadi algojo. Namun tendangannya lemah dan mampu ditepis kiper Wojciech Szczesny. 

Pada menit ke-63, Gennaro Gattuso memasukkan Cutrone menggantikan Castillejo. Masuknya pemain muda ini cukup memengaruhi permainan Milan. Dia sempat mendapat peluang bagus memanfaatkan umpan silang Higuain namun digagalkan Benatia.

Saat Milan terus menekan, Juventus justru mampu mencetak gol kedua yang dilesakkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-81. Diego Laxalt bermaksud membuang bola namun tidak sempurna.

Joao Cancelo berhasil memanfaatkan situasi ini dengan melepaskan tendangan dan membuat kiper Gianluigi Donnarumma harus bekerja keras meredamnya. Namun bola kemudian mengarah ke Ronaldo yang dengan cepat melesakkan bola ke gawang.

Beberapa saat kemudian, Higuain terlihat naik pitam karena situasi yang tak menguntungkannya. Dia diganjar kartu kuning karena melanggar Benatia. Tak terima dengan keputusan itu, pemain yang sebenarnya masih milik Juventus ini berteriak persis di depan wajah wasit Paolo Mazzoleni. Sang pengadil pun langsung mengeluarkan kartu merah.

Pemain yang akrab dipanggil Pepita itu pun harus digeret keluar dari lapangan dengan mengucurkan air mata. Ini merupakan kekalahan ketiga yang diderita Milan di Serie A musim ini.

Jika pekan lalu mereka masih bertengger di posisi keempat, kini pasukan Gattuso turun satu peringkat dengan koleksi 21 poin. Sementara bagi Juve, kemenangan untuk ke-11 kalinya membuat mereka kian kokoh di puncak klasemen dengan 34 poin atau unggul enam poin atas penghuni urutan kedua, Napoli.

Susunan pemain:

Milan: G Donnarumma; Abate (Laxalt 74), Zapata, Romagnoli, Rodriguez; Suso, Kessie, Bakayoko, Calhanoglu (Borini 74); Castillejo (Cutrone 61), Higuain
Juventus: Szczesny; Cancelo, Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic (Khedira 74), Matuidi; Dybala (Douglas Costa 79), Mandzukic, Ronaldo



Sumber: Football Italia