Klub Palermo Terjual Hanya 10 Euro

Klub Palermo Terjual Hanya 10 Euro
Tim sepakbola Palermo. (Foto: Palermo / Palermo)
Heru Andriyanto / HA Sabtu, 1 Desember 2018 | 23:51 WIB

Klub Serie B Italia, Palermo, telah dijual kepada sebuah perusahaan di London dengan harga hanya 10 euro (Rp 162.000), menurut pernyataan pemilik klub itu sendiri.

Maurizio Zamparini mengatakan telah menjual "100% klub" dengan harga simbolis.

Zamparini, 77, membeli Palermo pada 2002 dan tahun lalu mundur dari jabatan presiden. Namun, penggantinya juga mundur setelah ada kabar pengambilalihan.

Selama memimpin, Zamparini telah melakukan penunjukan 45 posisi manajerial. Dia mengatakan sangat sedih akhirnya harus meninggalkan klub tersebut, tetapi itu demi masa depan Palermo.

Dalam surat terbuka kepada para pendukung Palermo, dia menulis: "Tujuan sementara adalah mencari seseorang untuk melanjutkan kerja saya dengan kekuatan finansial yang lebih besar, mampu melakukan investasi yang sudah tidak sanggup saya lakukan lagi."

"Pemilik baru yang berbasis di London akan bertindak membangun stadion dan tempat latihan. Saya, dengan berat hati, telah menandatangani surat kepergian."

Ketika Zamparini mengambil alih klub, Palermo belum pernah lolos ke Serie A selama 30 tahun terakhir.

Mereka akhirnya mampu kembali ke kasta tertinggi kompetisi di Italia itu pada musim 2004-05 dan bermain lima kali di Piala UEFA dan Liga Europa. Pada tahun-tahun sesudahnya, Palermo diperkuat para pemain berbakat seperti Edinson Cavani, Paulo Dybala dan Javier Pastore sebelum kembali terpeleset ke Serie B pada 2013-14.

Mereka mampu juara Serie B dan promosi ke Serie A, tetapi kembali degradasi musim 2016-17. Palermo sekarang memuncaki klasemen Serie B, unggul tiga poin atas Pescara.



Sumber: BBC