Preview Premier League

Chelsea vs Newcastle: Momentum Akhiri Paceklik Kemenangan

Chelsea vs Newcastle: Momentum Akhiri Paceklik Kemenangan
Preview Chelsea vs Newcastle United ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 12 Januari 2019 | 08:35 WIB

London - Newcastle United yang bertindak sebagai tim tamu, nampaknya harus menyiapkan tenaga dan kerja keras untuk mengadang laju ruan rumah Chelsea, saat kedua tim bertemu di pekan ke-22 kompetisi Premier League, di stadion Stamford Bridge, London, Minggu (13/1) dinihari WIB.

The Blues saat ini berada di posisi ke-4 klasemen sementara Premier League dengan raihan 44 poin dari 21 pertandingan. Sementara, The Magpies berada di peringkat ke-15 dengan mengoleksi 18 poin.

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri mengakui, timnya harus bekerja keras untuk dapat meraih tiga poin saat menghadapi Newcastle di kandang sendiri. Terlebih, The Blues harus bisa mengakhiri paceklik kemenangan saat tampil di kandang sendiri.

Maklum saja, dalam dua laga terakhir di Stamford Bridge, klub milik konglomerat Roman Abramovich ini harus menelan kekalahan 0-1 dari Leicester City dan imbang tanpa gol saat menghadapi Southampton. Selain itu, Chelsea juga baru saja dikalahkan tuan rumah Tottenham 0-1 di babak semi final Carabao Cup awal pekan lalu.

Hal ini tentunya menjadikan beban moral yang disandang para pemain The Blues semakin berat. Jika gagal meraih kemenangan saat melawan The Toon Army, akan menjadi yang rekor pertama sejak 1993 dimana The Blues gagal mencetak kemenangan dalam tiga pertandingan kandang berturut-turut.

"Kami tentunya harus mencetak gol. Kami perlu menyelesaikan masalah ini, karena pada pertandingan terakhir bermain sangat baik. Namun, kami gagal mencetak gol. Jadi, sekarang kami memiliki masalah ini. Kami hanya perlu bekerja dan mencoba menyelesaikannya sesegera mungkin," kata Sarri, dilansir dari laman Skysports, Sabtu (12/1).

Menghadapi Newcastle United, Sarri diperkirakan bakal kembali menurunkan skema permainan yang sama (4-3-3). Kuartet Emerson, Luiz, Rudiger, dan Zappacosta, akan bermain sejak menit awal untuk mengawal gawang Kepa.

Untuk lini tengah, trio Kovacic, Jorginho, dan Kante, akan menjadi andalan dalam mengatur skema permainan. Sedangkan di lini depan, The Blues akan memaksimalkan kombinasi Willian, Pendro, dan Hazard sebagai pilar utama untuk mencetak gol.

"Newcastle merupakan salah satu tim yang bagus. Kami harus menemukan solusi yang berbeda untuk aspek permainan saat menghadapi mereka. Intinya, kami harus melakukan yang terbaik," tambah mantan pelatih Napoli itu.

Pada bagian lain, Newcastle sendiri masih dihinggapi masalah kepercayaan diri dan penampilan yang belum konsisten menjelang laga tandang ini.

Newcastle hanya meraih satu kemenangan dalam delapan laga terakhir, dan selalu bermasalah saat berhadapan dengan enam tim besar papan atas. The Magpies selalu kalah dalam sembilan laga saat menghadapi tim big six. Hal itu membuat mereka terdampar di posisi ke-15 klasemen sementara Premier League.

Meski demikian, pelatih Newcastle United, Rafa Benitez, dipastikan bakal sekuat tenaga memacu motivasi pemainnya untuk kembali bangkit dan menjauhi zona degradasi.

"Januari tahun lalu, kami berada di posisi yang sulit. Namun, kami selanjutnya mulai meraih kemenangan dan mengakhiri musim kompetisi di urutan ke-10," kata Benitez dilansir dari laman BBC.

Menurut pelatih asal Spanyol ini, Chelsea saat ini berada di antara tim terbaik dan menempati posisi papan atas klasemen. Namun, hal itu tidak menutup peluang bagi timnya untuk bisa mendapatkan poin.

"Newcastle merupakan kota yang besar dan memiliki klub besar. Beberapa orang mengatakan, Anda harus melakukan ini dan melakukan itu. Namun kenyataannya adalah, ketika kami bekerja bersama dan bersatu, kami lebih kuat. Kami melihat itu di musim lalu," tambah mantan pelatih Liverpool dan Real Madrid ini.

Sayangnya, kondisi Newcastle United sendiri sedang dilanda krisis pemain lantaran cedera. The Magpies harus kehilangan Jonjo Shelvey, Paul Dummett dan Karl Darlow yang mengalami cedera. Sementara, pemain sayap Kenedy, tidak dapat diturunkan menghadapi Chelsea karena klausal peminjaman.

"Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengadang Chelsea adalah memberikan perlawanan sebaik mungkin. Tentunya, bukan hal yang mudah untuk bisa mengimbangi permainan mereka," tandas Benitez.

Catatan Pertemuan:

26/8/2018 Newcastle 1 - 2 Chelsea

13/5/2018 Newcastle 3 - 0 Chelsea

2/12/2017 Chelsea 3 - 1 Newcastle

14/2/2016 Chelsea 5 - 1 Newcastle

Perkiraan Susunan Pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa, Emerson, Luiz, Rudiger, Zappacosta, Kovacic, Jorginho, Kante, Willian, Pendro, Hazard.

Pelatih: Maurizio Sarri (Italia).

Newcastle (4-4-2): Dubravka, Manquillo, Clark, Lascelles, Fernandez, Yedlin, Perez, Shelvey, Ritchie, Rondon.

Pelatih: Rafa Benitez (Spanyol).



Sumber: Skysports, BBC