Barca Nyaris Kalah, Ter Stegen Tuai Pujian

Barca Nyaris Kalah, Ter Stegen Tuai Pujian
Bek Barcelona, Gerard Pique (kedua kiri) berupaya menghalau bola dengan sundulan sementara kiper Marc-Andre Ter Stegen berjaga-jaga saat laga melawan tuan rumah Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Minggu, 10 Februari 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Senin, 11 Februari 2019 | 07:05 WIB

Bilbao, Beritasatu.com – Striker Barcelona, Luis Suarez, memuji rekannya penjaga gawang Marc-Andre Ter Stegen, yang menjadi pahlawan sehingga timnya terhindar dari kekalahan saat tandang ke markas Athletic Bilbao, Minggu (10/2) atau Senin dini hari WIB.

Kiper Tim Nasional Jerman tersebut membuat dua penyelamatan gemilang dengan menggagalkan peluang Markel Susaeta dan Inaki Williams dalam laga di Stadion San Mames itu. Barcelona pun memetik satu poin karena hingga laga berakhir kedudukan tetap 0-0.

“Dia salah satu kiper terbaik di dunia, tak diragukan lagi. Dia kembali menunjukkannya. Oleh karena itulah dia menjadi kiper Barcelona,” ungkap Suarez.

Pujian juga disampaikan pelatih Ernesto Valverde. Barcelona nyaris kebobolan saat pertandingan tinggal delapan menit lagi. Namun dengan sigap Ter Stegen berhasil mematahkan peluang yang didapatkan Williams.

“Dia membuat beberapa penyelamatan yang luar biasa, khususnya yang terakhir. Ini sungguh luar biasa,” kata Valverde.

Barcelona memang tampil di bawah performa terbaik mereka. Pasukan Valverde mengawali laga dan bermain dengan lamban.
Lionel Messi yang sebelumnya harus menjalani perawatan akibat cedera paha juga mengalami kesulitan menunjukkan performa yang maksimal. Pasalnya, pemain-pemain Bilbao mengawalnya dengan ketat. Beberapa kali dia menunjukkan rasa frustrasinya.

Philippe Coutinho yang semula diharapkan bisa menjadi andalan di lini depan, juga tak berkutik dalam partai pekan ke-23 ini.

“Kami kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan. Kami semula berpikir akan bisa menguasai permainan tetapi ternyata tak bisa,” papar Valverde.

“Kami seharusnya lebih kreatif dibanding yang telah kami lakukan. Mereka menekan kami dengan maksimal tetapi kami berhasil mengatasinya dan kami juga berhasil menerobos pertahanan mereka,” kata Valverde.

“Namun kemudian mereka membuat kami tertekan dengan serangan balik dan membuat kami harus bekerja keras,” kata Valverde lagi.

Hasil ini memang tak menggoyahkan posisi Barcelona sebagai pemimpin klasemen La Liga. La Blaugrana yang telah mengumpulkan 51 poin unggul enam poin atas penghuni urutan kedua, Real Madrid yang sehari sebelumnya menundukkan tuan rumah Atletico Madrid, 3-1.



Sumber: BT Sport