Setelah Berjuang Keras, Andres Iniesta Nikmati Tinggal di Jepang

Setelah Berjuang Keras, Andres Iniesta Nikmati Tinggal di Jepang
Andres Iniesta. ( Foto: istimewa )
Alexander Madji / AMA Selasa, 12 Februari 2019 | 21:38 WIB

Tokyo, Beritasatu.com - Mantan bintang dan kapten Barcelona, Andres Iniesta sekarang sedang menikmati tinggal di Jepang. Namun, untuk bisa seperti itu, ia perlu berjuang keras untuk menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda sekali dengan negara asalnya, Spanyol.

Andres Iniesta pindah ke Vissel Kobe setelah kontraknya tidak diperpanjang Barcelona pada musim panas tahun lalu. Setelah membela Spanyol di Piala Dunia 2018, ia langsung terbang ke Jepang untuk bergabung dengan klub Vissel Kobe.

“Saya harus mengakui, proses adaptasinya tidak mudah pada enam bulan pertama tinggal di Jepang, baik dalam urusan olahraga itu sendiri maupun keluarga. Kami tiba di sini setelah Piala Dunia dan kami berjuang keras untuk mengorganisasi diri,” tulis Iniesta di Esquire sebagaimana dikutip dari ESPNFC.com.

Ia melanjutkan, “Kami menghabiskan waktu untuk menyesuaikan diri dengan budaya Jepang yang sangat jauh berbeda dengan Spanyol. Meskipun pada akhirnya, kami berhasil beradaptasi. Sekarang kami sudah menikmati tinggal di Jepang.”

Kemampuan Iniesta menyesuaikan diri tidak terlepas dari pelajaran bahasa Jepang yang diikutinya. Ia mengambil kursus Bahasa Jepang dua kali dalam seminggu. Selama belum bisa berbicara Bahasa Jepang, ia menggunakan penerjemah agar bisa berkomuniasi secara intesif dengan teman satu tim dan staf di klub.

Sejak Desember 2018, ia juga sudah bisa menggunakan Bahasa Spanyol karena ada teman yang pernah sama-sama di Barcelona dan Timnas Spanyol yaitu, David Villa. Ia bergabung dengan Vissel Kobe pada Desember lalu dari New York City FC.



Sumber: Suara Pembaruan