Tandang ke PSG, MU Tetap Optimistis Meski Peluang Tipis

Tandang ke PSG, MU Tetap Optimistis Meski Peluang Tipis
Paris Saint Germain vs Manchester United ( Foto: Istimewa )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 6 Maret 2019 | 08:26 WIB

Siaran Langsung Kamis (7/3/2019) Mulai 03.00 WIB

Paris, Beritasatu.com – Manchester United bakal menjalani misi yang sangat sulit saat tandang ke markas Paris Saint Germain (PSG) pada leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (6/3/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Mereka harus menang dengan selisih minimal tiga gol atau setidaknya dengan skor 3-1 untuk bisa melaju ke perempat final. Ini tentunya misi yang jauh dari kata mudah. Apalagi mereka akan bermain di kandang lawan, Stadion Parc Des Princes.

Manchester United memang tengah berada dalam kondisi sulit. Mereka harus bangkit dari kekalahan 0-2 pada laga pertama, tetapi kekuatan tim tengah menurun. Tak kurang dari 10 pemain utama mereka harus menepi, termasuk Paul Pogba.

Gelandang asal Prancis ini tak mungkin bermain lantaran diganjar kartu merah dalam partai pertama 16 besar di Manchester. Tidak tampilnya eks pemain Juventus ini tentunya bakal sangat mengurangi kekuatan tim.

Di era Ole Gunnar Solskjaer, Pogba selalu menjadi pilihan utama di lini tengah. Dia juga dianggap sebagai “nyawa” permainan Manchester United sehingga bisa memetik banyak hasil gemilang sejak Solskjaer menggantikan Jose Mourinho, Desember 2018 lalu.
Meski sangat kecil, Solskjaer menegaskan timnya tetap memiliki peluang untuk membalikkan keadaan dan melaju ke perempat final.

“Kami membutuhkan gol pertama dan tetap berkonsentrasi dalam pertandingan. Apapun bisa terjadi. Tahun lalu Juventus kalah 0-3 oleh Real Madrid dan menang 3-0 di leg kedua. Demikian juga PSG melawan Barcelona. Ada banyak contoh tim-tim yang bisa membalikkan keadaan dalam posisi seperti kami,” ungkapnya.

Manchester United juga bisa mengambil inspirasi dari Ajax yang secara mengejutkan membuat Real Madrid terhenti di 16 besar. Setelah kalah 1-2 di kandang sendiri, tim Belanda itu bangkit di Santiago Bernabeu dan mempermalukan Real Madrid, 4-1, Selasa (5/3/2019).

Menurut Solskjaer kunci untuk bisa menundukkan Madrid adalah dengan tidak mengulangi kesalahan seperti di laga pertama. “Kami melakukan beberapa kesalahan pada (di leg pertama). Dalam level ini Anda langsung dihukum oleh tim berisi banyak pemain top,” ujar Solskjaer.

“Anda bisa melakukannya di Premier League namun itu tak boleh terjadi di Liga Champions League,” ungkap Solskjaer.

PSG masih tak diperkuat dua penyerang andal mereka, Edinson Cavani dan Neymar. Dua pemain asal Amerika Selatan ini masih harus beristirahat akibat cedera.

Namun PSG sudah membuktikan kekuatan mereka tak banyak terpengaruh oleh absennya Edinson Cavani dan Neymar. Kylian Mbappe bahkan kian tajam tanpa kedua rekannya itu.

Mbappe mencetak empat gol dalam tiga pertandingan terakhir. Pemain yang digaet dari AS Monaco juga mencetak salah satu gol saat timnya menang 2-0 atas Manchester United di Old Trafford.

Pelatih PSG, Thomas Tuchel, mungkin akan menurunkan starting IX yang sama persis dengan ketika menundukkan Manchester United, 2-0, di Stadion Old Trafford. Namun dia juga memiliki opsi menampilkan Christopher Nkunku di sayap kanan menggantikan Dani Alves.

Julian Draxler, Thilo Kehrer, Marco Verratti, dan Juan Bernet harus berhati-hati karena jika mendapat kartu kuning dalam laga ini mereka bakal absen di partai selanjutnya.

Tanpa Neymar dan Cavani, Tuchel bakal menurunkan Julian Draxler, Kylian Mbappe, Angel Di Maria di barisan depan. Angel Di Maria juga tengah on fire. Dia mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan terakhir.

Daftar pemain cedera dikubu Manchester United kian panjang setelah Alexis Sanchez juga mengalami masalah saat menang 3-2 atas Southampton, Minggu lalu. Stiker asal Cile ini diperkirakan bakal absen setidaknya dua bulan akibat cedera ligamen.

Eric Bailly tampil sebagai starter melawan PSG dalam partai pertama di Old Trafford. Dia berpeluang diturunkan untuk meredam kecepatan luar biasa yang dimiliki Kylian Mbappe. Namun Solskjaer juga sangat mungkin tetap mendudukkan Bailly di bangku cadangan dan menurunkan duet Victor Lindelov dan Chris Smalling di jantung pertahanan.

Anthony Martial sebentar lagi bakal pulih dari cedera. Namun Solskjaer tak akan ambil risiko dengan menurunkannya terlalu cepat dan mengalami cedera lebih parah.

Dengan stok pemain terbatas, Solskjaer kemungkinan akan mengubah formasi timnya dari biasanya memakai 4-3-3 menjadi 4-4-2. Romelu Lukaku akan diduetkan dengan Marcus Rashford untuk mendobrak pertahanan PSG.

Manchester United akan sangat berharap kepada Lukaku untuk bisa menjebol gawang tuan rumah. Penyerang asal Belgia ini kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak dua gol penentu kemenangan 3-2 atas Southampton, akhir pekan lalu.

Ini merupakan gol keempat yang dilesakkan Lukaku dalam dua pertandingan terakhir. Sebelumnya, dia juga dua kali mencetak dua gol saat menundukkan Crystal Palace, 3-1.

Namun sektor paling mengkhawatirkan di kubu Manchester United adalah lini tengah. Banyaknya pemain yang tumbang akibat cedera serta absennya Pogba, membuat Solskjaer bakal menurunkan lini tengah paling lemah yang pernah diturunkannya sepanjang menangangi Manchester United.

Pelatih asal Norwegia ini akan menurunkan barisan tengah yang tak berpengalaman. Fred dan Diogo Dalot kemungkinan akan dipasang sebagai sayap di sisi kini dan kanan. Sementara posisi sentral barisan gelandang akan dipercayakan kepada Scott McTominay dan Andreas Pereira. Keempat pemain ini masih sangat hijau di ajang Liga Champions.

PSG memang di atas angin setelah kemenangan 2-0 di leg pertama. Namun mereka tentunya tetap harus waspada karena tiket perempat final belum benar-benar di tangan.

Tuchel menyadari hal itu karena Manchester United tetap memiliki potensi membalikkan keadaan. “Kami harus melupakan hasil di leg pertama. Prinsip bermain kami harus tetap sama dengan mengusung permainan level atas. Kami harus tetap mencoba untuk meningkatkan permainan,” kata Tuchel.

“Manchester (United) kemungkinan akan mengusung formasi 4-4-2 dalam laga tandang. Kami harus mencari cara mengantisipasinya,” kata Tuchel lagi.

“Kami ingin menjaga tempo dan mendominasi permainan di wilayah lawan dan menghentikan serangan balik secepat mungkin. Dua penyerang mereka sangat cepat dan sangat kuat,” papar Tuchel berkomentar soal Lukaku dan Rashford.

Perkiraan Susunan Pemain
Paris Saint Germain (4-3-3)
K: Gianluigi Buffon
B: Thilo Kehrer, Thiago Silva, Presnel Kimpembe, Juan Bernat
T: Dani Alves, Marco Verratti, Marquinhos
D: Julian Draxler, Kylian Mbappe, Angel Di Maria

Manchester United (4-4-2)
K: David De Gea
B: Ashley Young, Victor Lindelof, Chris Smalling, Luke Shaw
T: Fred, Scott McTominay, Andreas Pereira, Diogo Dalot
D: Romelu Lukaku, Marcus Rashford

Lima Pertandingan Terakhir PSG
18/02/19 Ligue 1 AS Saint-Etienne 0-1 Paris Saint-Germain
21/02/19 Ligue 1 Paris Saint-Germain 5-1 Montpellier
23/02/19 Ligue Paris Saint-Germain 3-0 Nimes Olympique
27/02/19 Piala Prancis Paris Saint-Germain 3-0 Dijon
02/03/19 Ligue 1 SM Caen 1-2 Paris Saint-Germain

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
13/02/19 Liga Champions Manchester United 0-2 Paris Saint-Germain
19/02/19 Piala FA Chelsea 0-2 Manchester United
24/02/19 Premier League Manchester United 0-0 Liverpool
28/02/19 Premier League Crystal Palace 1-3 Manchester United
02/03/19 Premier League Manchester United 3-2 Southampton

Head to Head
13/02/19 Liga Champions Manchester United 0-2 Paris Saint-Germain
30/07/15 Uji Coba Manchester United 0-2 Paris Saint-Germain



Sumber: Whoscored,UEFA