Belanda vs Jerman: Aroma Dendam di Johan Cruyff Arena

Belanda vs Jerman: Aroma Dendam di Johan Cruyff Arena
Selebrasi Memphis Depay usai mencetak gol. ( Foto: AFP )
Zumrotul Muslimin / AIS Minggu, 24 Maret 2019 | 19:48 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Ada aroma dendam dalam laga kualifikasi Euro 2020 antara Belanda kontra Jerman di Johan Cruyff Arena pada Senin (25/3/2019) dinihari WIB.

Di tempat yang sama pada 13 Oktober 2018, Jerman dihajar Tim Oranye 3-0. Kekalahan itu menjadi salah satu titik yang membuat Jerman terdegradasi ke Liga Negara Eropa B.

Sayang, misi balas dendam Die Mannschaft tak didukung penampilan mereka di lapangan. Pasukan Joachim Low hanya imbang 1-1 melawan Serbia di laga persahabatan pada tengah pekan lalu.

Sebenarnya Der Panzer mampu mencetak 6 gol dalam tiga laga terakhir mereka. Namun, sepanjang waktu itu mereka hanya menang atas Rusia. Kontra Belanda dan Serbia, mereka imbang.

Pertahanan Jerman juga tidak terlalu cemerlang. Kiper Manuel Neuer seperti sudah mengalami penurunan. Namun Low tetap milihnya ketimbang penjaga gawang Barcelona, Marc Andre ter Stegen. Nama pemain senior lainnya yang masih dipanggil adalah Toni Kroos.

Low memang melakukan perombakan besar-besaran setelah mereka gagal pada Piala Dunia 2018. Trio pemain Bayern Muenchen Thomas Muller, Jerome Boateng, dan Mats Hummels dicoretnya.

Pemain Hertha Berlin, Niklas Stark dan Maximilian Eggestein dari Werder Bremn kemungkinan melakukan debutnya di Timnas Jerman.

Sementara itu tuan rumah dalam kondisi positif karena meraih tiga angka perdana melawan Belarusia. Pasukan Ronald Koeman juga tidak pernah kalah dalam lima laga terakhir.

Koeman bertekad membawa Memphis Depay dan kawan kawan tampil lagi dalam putaran final Euro. Pelatih sebelumnya, Dick Advocaat, gagal meloloskan Belanda ke Piala Euro di Prancis 2016.

Tekad Koeman didukung sukses mereka mencapai semifinal Liga Nasional Eropa. Sedangkan Jerman terdegradasi dari fase grup utama Liga Nasional Eropa.

Koeman kemungkinan tidak mengubah formasi saat melawan Belarusia. Artinya, Depay menjadi pilihan utama di depan ditemani Ryan Babel. Frenkie de Jong bakal mengontrol lini tengah bersama Georginio Wijnaldum.

Perkiraan Susunan Pemain

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Hans Hateboer, Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Daley Blind; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel

Jerman (3-4-3): Manuel Neuer; Antonio Rudiger, Niklas Sule, Matthias Ginter; Lukas Klostermann, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Marcel Halstenberg; Julian Brandt, Marco Reus, Leroy Sane

Lima Pertemuan Terakhir Belanda vs Jerman:

20-11-2018 Jerman 2-2 Belanda (UNL)
14-10-2018 Belanda 3-0 Jerman (UNL)
15-11-2012 Belanda 0-0 Jerman (Persahabatan)
14-06-2012 Belanda 1-2 Jerman (Piala Eropa)
16-11-2011 Jerman 3-0 Belanda (Persahabatan)



Sumber: BeritaSatu TV