Ajax vs Juventus: Laga Sengit di Amsterdam

Ajax vs Juventus: Laga Sengit di Amsterdam
Preview Ajax vs Juventus. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 10 April 2019 | 09:08 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Ajax Amsterdam akan menjamu Juventus di leg pertama babak perempat final Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Kamis (11/4/2019) dinihari WIB.

Upaya keras harus dilalui oleh kedua tim di babak 16 besar untuk menapak di babak perempat final. Ajax sukses menyingkirkan Real Madrid dengan agregat 5-2, sementara Juventus harus memeras keringat untuk unggul atas Atletico Madrid dengan agregat 3-2.

Baca Juga: Ajax Singkirkan Madrid 4-1 di Bernabeu

Meski tidak diunggulkan, penampilan De Godenzonen yang merupakan kombinasi pemain muda dan senior, patut diwaspadai oleh penggawa Juventus. Keberhasilan menyingkirkan juara bertahan Real Madrid, tentunya harus menjadi perhatian tersendiri bagi La Vecchia Signora.

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, mengatakan, timnya senang menjadi paket 'kejutan' di babak perempat final Liga Champions musim ini.

"Untuk negara seperti Belanda, sangat sulit untuk mencapai tahap ini. Secara finansial, keadaannya benar-benar berubah dalam beberapa tahun terakhir,” kata Ten Hag, seperti dikutip Beritasatu.com dari laman BBC, Rabu (10/4/2019).

Ten Hag tentunya berharap skuatnya mampu kembali menunjukkan penampilan terbaik saat bersua Juventus di leg pertama. Terlebih, mereka akan mendapat dukungan penonton karena tampil di kandang sendiri.

"Kami tentunya harus memainkan skema pertandingan sendiri karena tidak masalah siapa yang menjadi lawan. Pemain harus fokus dengan skema sendiri dan menikmati tekanan sepanjang pertandingan. Kami akan bermain seperti biasa dan harus pandai membaca permainan,” kata Ten Hag.

Kolektivitas permainan tim memang menjadi senjata utama De Godenzonen. Keberhasilan menghancurkan Real Madrid dengan skor telak 4-1 di Santiago Bernabeu, menjadi bukti nyata dari efektivitas permainan terbuka yang ditampilkan oleh para pemain Ajax.

"Melawan Juventus merupakan sebuah tantangan lain. Kami selalu yakin dapat mengalahkan siapapun. Dengan kolektivitas dan semangat tim, kami bisa melangkah sejauh mungkin," tandas Ten Hag.

Baca Juga: Juventus ke Perempat Final, Ronaldo Ciptakan Keajaiban

Sementara itu, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri telah memastikan Cristiano Ronaldo akan tampil di babak perempat final setelah pulih dari cedera. Ronaldo sendiri belum pernah bermain untuk Juve sejak mencetak hat-trick saat melawan Atletico Madrid di babak 16 besar.

"Cristiano telah berlatih bersama tim, dan terlihat sama seperti biasanya dengan kondisi yang bagus. Kemungkinan besar dirinya akan tampil sebagai starter,” kata Allegri seperti dikutip Beritasatu.com dari laman Football Italia.

Juve menjadi tim keempat musim ini yang lolos setelah menelan kekalahan terlebih dulu di laga pertama menyusul catatan serupa yang dibukukan Ajax, Manchester United dan Porto.

"Ajax adalah tim yang sulit dihadapi. Hal tersebut, telah mereka buktikan di babak sebelumnya. Namun, kami merupakan tim kuat dan pemain harus bisa membuktikannya," ujar Allegri.

Juventus tentu difavoritkan karena mempunyai kedalaman skuat lebih baik daripada Ajax. Terlebih, sejarah juga mendukung Juventus. Dalam lima kali pertemuan terakhir, Ajax tidak pernah mengalahkan Bianconeri.

"Ini merupakan pertandingan pertama. Untuk memastikan posisi kedua tim di babak semi final. Kami harus tampil dengan semangat dan memiliki ketajaman," tambah Allegri.

Baca Juga: Juventus Bisa Pastikan Juara Serie A Pekan Ini

Untuk kompetisi domestik, Juventus sendiri berpeluang memastikan gelar juara Serie A musim ini. Si Nyonya Tua hanya membutuhkan hasil imbang dalam laga di kandang SPAL akhir pekan ini. Bianconeri akan memastikan gelar scudetto untuk kedelapan kalinya secara beruntun, dengan 6 pertandingan tersisa di kompetisi Serie A.

Catatan Pertemuan:

25/2/2010 Juventus 0 - 0 Ajax

18/2/2010 Ajax 1 - 2 Juventus

23/11/2004 Juventus 1 - 0 Ajax

15/9/2004 Ajax 0 - 1 Juventus

Perkiraan Susunan Pemain:

Ajax (4-3-3): Onana, Mazraoui, De Ligt, Blind, Tagliafico, Van de Beek, Ziyech, De Jong, Neres, Dolberg, Tadic.

Pelatih: Erik ten Hag.

Juventus (4-3-3): Szczesny, Sandro, Chiellini, Bonucci, Cancelo, Matuidi, Bentancur, Pjanic, Mandzukic, Bernadeschi, Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri.




Sumber: BBC, Football Italia