Preview Liga Champions

MU vs Barca, Duel Final Kepagian

MU vs Barca, Duel Final Kepagian
Manchester United vs Barcelona ( Foto: Istimewa )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 10 April 2019 | 10:46 WIB

Siaran Langsung, Kamis (11/4/2019) pukul 02.00 WIB

Manchester, Beritasatu.com – Manchester United dan Barcelona harus bertemu lebih dini di kejuaraan antarklub paling bergengsi di Eropa ini. Laga ini layak disebut sebagai final kepagian lantaran keduanya sama-sama tim yang punya tradisi bagus di Liga Champions.

Manchester United akan menjadi tuan rumah bagi Barcelona dalam laga pertama perempat final Liga Champions, di Stadion Camp Nou, Rabu (10/4/2019) atau Kamis dini hari WIB mulai pukul 02.00 WIB.

Manchester United tentunya harus memaksimalkan kesempatan menjadi tuan rumah. Namun ini juga bukan perkara gampang lantaran pasukan Ernesto Valverde ini juga tengah dalam performa bagus.

Meski sama-sama termasuk tim top Eropa, untuk saat ini Manchester United dianggap sebagai underdog jika dibanding Barcelona. Apalagi performa, “Setan Merah” akhir-akhir ini juga tidak memuaskan.

Sejak menaklukkan Paris Saint Germain 3-1 yang membawa mereka ke perempatfinal, Manchester United mengalami tiga kekalahan dalam empat laga. Mereka menyerah 0-2 kepada Arsenal di Premier League, lalu tumbang 1-2 di kandang Wolverhampton Wanderers dan membuat langkah mereka terhenti di Piala FA.

Manchester United sempat menaklukkan Watford. Namun dalam laga terakhir menjelang partai Liga Champions melawan Barcelona, Manchester United kembali tumbang di kandang Wolverhampton. Kali ini di ajang Premier League.

Berbeda dengan Barcelona yang terus bersinar menjelang pertemuan dengan tim Inggris ini. Barca juga memetik kemenangan penting saat mengalahkan, Atletico Madrid, 2-0.

Kemenangan atas penghuni urutan kedua La Liga membuat Blaugrana kian berkibar di kompetisi domestik. Gelar juara La Liga sepertinya tinggal menunggu waktu untuk diraih. Barcelona pun diprediksi bakal meneruskan tren ini saat tandang ke Manchester United.

Di kubu tuan rumah, Paul Pogba bisa kembali tampil di Liga Champions setelah terkena hukuman larangan tampil. Badai cedera juga sudah mulai mereda di kubu tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini. Satu per satu pemain yang cedera mulai pulih setelah mereka menyingkirkan Paris Saint Germain di kompetisi ini.

Juan Mata, Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Phil Jones semuanya absen saat menghadapi PSG namun kini telah pulih dan bisa diturunkan. Namun demikian Alexis Sanchez, Eric Bailly, Antonio Valencia, Matteo Darmian, diperkirakan absen dalam partai di Old Trafford ini.

Nemanja Matic dan Ander Herrera absen dalam latihan Selasa atau sehari menjelang partai ini. Mereka diragukan untuk tampil. Namun jika dianggap fit keduanya pasti diturunkan mengingat pentingnya peran mereka di lini tengah.

Marcus Rashford absen dalam laga terakhir Machester United (kalah di kandang Wolverhamton Wanderers) karena cedera pergelangan kaki. Namun penyerang Belgia ini sudah ikut berlatih dan diperkirakan cukup fit untuk turun saat bertemu Barcelona.

Jika mendapat kartu kuning dalam laga ini, Ashley Young, Luke Shaw, Herrera, Matic, Valencia harus absen pada pertemuan kedua di kandang Barcelona.
Meski timnya dianggap underdog, Solskjaer memastikan timnya tak akan menyerah begitu saja. Dia juga yakin timnya tetap memiliki kans besar melewati Barcelona.

“Liga Champions banyak memunculkan hasil pertandingan yang aneh. Saya kira Barcelona menyadari hal itu lebih dari tim manapun,” ujar Solskjaer yang ditunjuk menggantikan Jose Mourinho, Desember 2018 lalu.

“Kami harus menunjukkan performa terbaik agar bisa meraih hasil bagus sebelum tandang ke Barcelona,” ungkap Solskjaer.
Manchester United juga harus mewaspadai penyerang Barcelona, Lionel Messi, yang bisa mengubah pertandingan kapan pun. Namun Solskjaer yakin timnya punya formula meredamnya.

“Lionel Messi pemain fantastis dan dia akan dicatat dalam sejarah sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada,” kata Solskjaer.

“Dia bakal sulit dihentikan namun bukan berarti tak mungkin. Kami tak boleh hanya fokus kepadanya. Kami sadar kami harus bermain 11 lawan 11. Rencana strategi seperti apa yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan salah satu pemain terbaik di dunia?”

Di kubu Barcelona, Ousmane Dembele dilaporkan cukup fit untuk bisa tampil sebagai pemain cadangan di kandang Manchester United. Artinya, pemain asal Prancis ini bisa dimasukkan oleh Ernesto Valverde sebagai pengganti pemain lainjika dirasa perlu.

Arturo Vidal absen akibat hukuman larangan tampil dalam laga Sabtu lalu saat Barcelona menundukkan Atletico Madrid 2-0. Namun kali ini gelandang Cile ini bisa diturunkan. Dia akan berkompetisi dengan Arthur memperebutkan posisi di barisan tengah.

Rafinha dipastikan absen membela Barcelona, sementara Nelson Semedo terancam absen dalam laga kedua di Camp Nou nanti jika mendapat kartu kuning dalam partai ini.

Samuel Umtiti tak pernah lagi tampil meyakinkan sejak pulih dari cedera. Posisinya kemungkinan akan digantikan Clement Lenglet, untuk berduet dengan Gerard Pique di jantung pertahanan Barcelona. Duet ini akan didampingi Semedo di kanan dan Jordi Alba di sisi kiri. Namun Sergi Roberto juga berpeluang tampil sebagai starter sebagai bek kanan.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tak menganggap masalah cedera yang masih dialami Manchester United akan menguntungkan timnya. “Mereka mengalami masalah cedera di Paris (melawan PSG) dan ternyata bukan masalah bagi mereka. Semangat untuk menanglah yang menjadi penentu. Kemenangan United di Paris membuktikan itu,” kata Valverde.

Kemungkinan Susunan Pemain
Manchester United vs Barcelona
Manchester United (4-3-3)
K:David De Gea
B: Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw
T: Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba
D: Jesse Lingard, Marcus Rashford; Anthony Martial
Absen: Eric Bailly, Matteo Darmian, Alexis Sanchez, Antonio Valencia (fitness)
Diragukan: Ander Herrera, Nemanja Matic, Marcus Rashford

Barcelona (4-4-2):
K: Marc Andre Ter Stegen
B: Nelson Semedo, Gerard Pique, Clament Lenglet, Jordi Alba
T: Arturo Vidal, Arthur, Sergio Busquets, Ivan Rakitic
D: Lionel Messi, Luis Suarez

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
07/03/19 Liga Champions PSG 1-3 Manchester United
10/03/19 Premier League Arsenal 2-0 Manchester United
17/03/19 Piala FA Wolverhampton 2-1 Manchester United
30/03/19 Premier League Manchester United 2-1 Watford
03/04/19 Premier League Wolverhampton 2-1 Manchester United

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona
14/03/19 Liga Champions Barcelona 5-1 Lyon
18/03/19 La Liga Real Betis 1-4 Barcelona
30/03/19 La Liga Barcelona 2-0 Espanyol
03/04/19 La Liga Villarreal 4-4 Barcelona
07/04/19 La Liga Barcelona 2-0 Atletico Madrid

Head to Head
27/07/17 Uji Coba Barcelona 1-0 Manchester United
26/07/15 Uji Coba Barcelona 1-3 Manchester United
09/08/12 Uji Coba Manchester United 0-0 P Barcelona
31/07/11 Uji Coba Barcelona 1-2 Manchester United
29/05/11 Liga Champions Barcelona 3-1 Manchester United
28/05/09 Liga Champions Barcelona 2-0 Manchester United
30/04/08 Liga Champions Manchester United 1-0 Barcelona
24/04/08 Liga Champions Barcelona 0-0 Manchester United



Sumber: UEFA,Whoscored