Barcelona Curi Satu Gol di Kandang MU

Barcelona Curi Satu Gol di Kandang MU
Pemain Barcelona memberikan aplaus kepada penonton usai pertandingan di Old Trafford, Kamis, 11 April 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 11 April 2019 | 05:00 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Kemenangan tipis 1-0 dikemas Barcelona ketika bertandang ke markas Manchester United di Old Trafford pada pertandingan leg pertama babak perempat-final Liga Champions. Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. Kemenangan Barcelona diraih berkat gol bunuh diri Luke Shaw pada menit ke-12.

Dengan kemenangan ini, Azulgrana mendapat keuntungan karena pasukan Ernesto Valverde itu hanya membutuhkan hasil imbang ketika giliran menjamu "Setan Merah" di leg kedua di Camp Nou pada pekan depan. 

Meski begitu, MU masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semi-final asalkan mampu mencuri kemenangan dengan skor minimal 2-0.

MU mengawali babak pertama dengan usaha yang cukup bagus. Pada menit kelima, pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu mendapat peluang lewat tendangan bebas, namun eksekusi Marcus Rashford hanya menyamping tipis ke sisi kiri gawang.

Barcelona memecahkan kebuntuan pada menit ke-12. Luis Suarez mampu meneruskan umpan silang Lionel Messi dengan sundulan kepala dari sisi kiri kotak penalti United dan bola tampak sedikit mengenai tangan Luke Shaw. Pada awalnya, wasit menganggap salah satu dari kedua pemain tim tamu itu sudah dalam posisi off-side , namun kemudian mensahkan gol tersebut setelah berkonsultasi dengan VAR.

Memasuki menit ke-29, Scott McTominay terlihat terjatuh di dalam kotak penalti Barcelona setelah mendapat kawalan ketat dari Gerard Pique, namun wasit tidak menunjuk titik putih pertanda tidak adanya pelanggaran dalam insiden itu.

Suarez nyaris membawa Barcelona kembali unggul pada menit ke-36 andai sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti tidak diblok David De Gea dengan kaki kirinya. Sebuah penyelamatan yang sangat bagus dari sang kiper.

Diogo Dalot memiliki peluang bagus pada menit ke-40 ketika ia meneruskan umpan dengan sundulan kepala, namun tidak mengarah ke gawang.

Usai turun minum, United berusaha menekan pertahanan Barcelona. Beberapa menit awal babak kedua ini, tuan rumah mengancam ketika tendangan McTominay mengenai tangan Sergio Busquets, namun wasit tidak menganggap adanya pelanggaran.

Memasuki menit ke-52, Marc-Andre ter Stegen memblok sepak pojok dari Ashley Young, namun Rashford gagal memanfaatkan bola rebound dengan sepakan dari dalam kotak penalti.

Suarez nyaris mencetak gol untuk Barcelona pada menit ke-65. Mendapat passing cantik dari Nelson Semedo, striker asal Uruguay itu melepaskan sepakan keras dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti, namun hanya menyamping ke sisi kanan gawang.

Pemain yang baru masuk pada menit ke-66, Sergi Roberto, mengancam dengan pergerakan berbahayanya di dalam kotak penalti, namun Shaw mampu membuat tekel bersih dan menghalau bola dari depan gawang.

Beberapa saat kemudian, Romelu Lukaku mengancam dengan umpan silangnya dari sisi kanan pertahanan Barcelona, namun bola bisa ditangkap ter Stegen. MU mendapat peluang tendangan bebas di posisi yang sangat bagus pada menit ke-70, namun tendangan keras Rashford hanya melambung jauh di atas mistar gawang.

Barcelona mendapat peluang bagus untuk memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas pada menit ke-83, namun eksekusi Messi dengan kaki kirinya mampu ditangkap De Gea, meski bola sempat mengenai pagar betis. Hingga pertandingan berakhir, Barcelona mampu menjaga keunggulan 1-0 sehingga MU mendapat tugas berat ketika bertandang ke Camp Nou pada pekan depan.



Sumber: Goal