Juventus Diimbangi Ajax di Amsterdam

Juventus Diimbangi Ajax di Amsterdam
Gelandang Juventus Miralem Pjanic menggiring bola saat menghadapi Ajax Amsterdam di Cruyff Arena, Kamis, 11 April 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 11 April 2019 | 05:08 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Juventus harus puas ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Ajax Amsterdam pada leg pertama babak perempat-final Liga Champions di Johan Cruijff Arena, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB.

Di luar dugaan, Ajax menyuguhkan permainan agresif yang merepotkan pertahanan Juventus sejak awal. Menit ke-18, Hakim Ziyech memaksa Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan impresif saat menepis tembakan kaki kirinya yang mengarah ke sudut kiri atas gawang.

Tujuh menit berselang, Ajax kembali mendapat peluang untuk mengejutkan tim tamu dan membuka keunggulan. Akan tetapi, Donny van de Beek yang bergerak dari tengah mendapat ruang namun arah tembakan kaki kirinya masih melebar tipis dari gawang Juventus.

Sesaat sebelum turun minum, Juventus mampu membungkam publik tuan rumah berkat gol Cristiano Ronaldo. Berawal dari serangan balik cepat, bola begulir ke kanan dan ada Joao Cancelo yang secara cerdik mengirimkan umpan silang menggantung dan langsung disambut sundulan sempurna Ronaldo.

Respons langsung diberikan Ajax saat babak kedua belum berjalan satu menit. Pergerakan David Neres dari sisi kiri gagal diantisipasi pertahanan Juventus dan sang remaja Brasil kemudian menusuk untuk melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh di luar jangkauan Szczesny.

Menit ke-53, Juventus melayangkan klaim penalti namun tak digubris oleh wasit setelah adanya tarikan Nicolas Tagliafico terhadap Rodrigo Bentancur saat menyambut tendangan bebas. Wasit juga tak melakukan tinjauan VAR dan pertandingan berlanjut dengan meningkatnya dominasi tekanan Ajax.

Masuknya Douglas Costa hingga Paulo Dybala tak banyak menghadirkan perubahan bagi permainan Juventus hingga pertengahan babak kedua. Sementara Ajax yang memasukkan gelandang muda, Jurgen Ekkelenkamp merepotkan Szczesny dengan tembakan akuratnya pada menit ke-79.

Sepuluh menit terakhir, Juventus mendapat kans untuk bisa menutup laga dengan kemenangan. Hanya saja, tendangan kaki kiri Costa dimentahkan tiang gawang dan spekulasi Cancelo sigap ditepis Andre Onana. Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan hingga laga berakhir.



Sumber: Goal