Mantan Kapten Liverpool Meninggal Dunia di Panti Jompo

Mantan Kapten Liverpool Meninggal Dunia di Panti Jompo
Tommy Smith ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Sabtu, 13 April 2019 | 08:01 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Tommy Smith, mantan kapten Liverpool yang berkontribusi atas sukses The Reds meraih trofi pertama di pentas Eropa meninggal dunia di usia 74 tahun, Jumat (13/4/2019). 

Dalam sebuah pernyataan di situsnya, putri Smith, Janette, mengatakan ayahnya meninggal dengan sangat damai dalam tidurnya di panti jompo. 

Dijuluki "Anfield Iron" dan digambarkan sebagai "legenda klub" oleh Liverpool, Smith yang berposisi sebagai bek sudah bermain dalam 638 pertandingan untuk tim dari 1960-1978 dan memenangkan sembilan trofi utama - empat gelar liga Inggris, dua Piala FA, Piala Eropa dan dua Piala UEFA.

Di final Piala Eropa 1977 melawan Borussia Moenchengladbach, Smith mencetak gol yang membuat Liverpool unggul untuk kedua kalinya. Liverpool memenangkan pertandingan 3-1 di Roma. Smith dikenal sebagai bek yang tidak kenal kompromi dalam melakukan tekel kepada lawan. Namun sepanjang kariernya dia baru mengantongi satu kartu merah. 

Salah satu manajernya, Bill Shankly, pernah berkata Smith tidak dilahirkan, dia digali.

Selepas pensiun, dia menderita serangan jantung pada tahun 2007 sebelum didiagnosis menderita Alzheimer dan demensia pada tahun 2014.



Sumber: AP