Liverpool vs Chelsea: Duel Krusial Penentu Gelar di Anfield

Liverpool vs Chelsea: Duel Krusial Penentu Gelar di Anfield
Preview Liverpool vs Chelsea. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 14 April 2019 | 10:03 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Liverpool akan menjalani misi sangat penting saat menjamu Chelsea dalam matchday pekan ke-34, di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (14/3) malam WIB. Pertaruhan gengsi sekaligus perebutan poin, dipastikan bakal berlangsung ketat dalam big match kali ini.

Baca Juga: Mantan Kapten Liverpool Meninggal Dunia

The Reds saat ini bertengger di posisi puncak klasemen dengan poin 82 poin dari 33 pertandingan. Sementara, Chelsea berada di posisi keempat dengan torehan 66 poin dari 33 pertandingan.

Sebagai tuan rumah, The Kop memiliki keuntungan tampil di hadapan pendukung sendiri. Hal inilah yang akan dimanfaatkan oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, untuk meraih nilai penuh sekaligus melanjutkan catatan positif anak asuhannya.

"Saya merasakan energi positif. Hal ini menjadi perubahan besar bagi kami untuk membiasakan diri dan menjadi lebih percaya diri. Kami benar-benar merasa sebagai satu kesatuan dengan pendukung secara keseluruhan,” kata Klopp seperti dikutip Beritasatu.com dari laman BBC.

"Anda tidak berjalan sendirian, dan tidak akan pernah sendirian dalam situasi ini karena pendukung selalu bersama tim. Kami berusaha untuk menjaga mimpi ini tetap hidup dan saat ini semuanya baik-baik saja," tambah Klopp.

Selebrasi pemain Liverpool

Baca Juga: Liverpool Dalam Momentum Bagus

Klopp mengatakan, jadwal yang padat menjadi musuh utama Liverpool. Hal itu membuat perebutan juara menjadi lebih ketat. Terlebih, Liverpool dan Manchester City saling bergantian memuncaki klasemen sementara.

"Tidak diragukan lagi, perebutan gelar menjadi lebih seru, dan akan berlangsung ketat sampai hari terakhir. Kami berada dalam posisi yang baik. Namun, untuk memiliki kesempatan jadi juara, kami harus memenangkan pertandingan," kata Klopp.

Klopp sangat berharap peruntungan berpihak pada Liverpool pada musim ini. Keyakinan itu didasari perkembangan tim asuhannya. Apalagi, komposisi pemain yang dimilikinya saat ini, membuat Klopp optimistis mampu meraih gelar.

"Kami selalu membuat perbedaan di banding tahun-tahun sebelumnya untuk meningkatkan performa tim. Pengalaman pemain juga berkembang berkat banyaknya tantangan yang mereka hadapi," tambah Klopp yang akan menjalani pertandingan ke-200 sebagai manajer Liverpool saat menghadapi Chelsea.

Pada bagian lain, The Blues mengantongi modal positif jelang laga ini. Mereka sukses mengalahkan tuan rumah Slavia Praha dengan skor 1-0 di Stadion Sinobo, pada leg pertama perempat final Liga Europa.

Baca Juga: Chelsea Susah Payah Kalahkan Praha

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, tentunya berniat melanjutkan catatan positif anak asuhannya. Terlebih, posisi Chelsea di klasemen sementara masih riskan untuk tergeser oleh Manchester United yang sukses meraih kemenangan 2-1 atas West Ham United, di Old Trafford, Sabtu (13/4/2019) malam WIB.

"Pertandingan menghadapi Liverpool akan sulit bagi kami, namun setiap pertandingan sekarang selalu sulit karena menentukan perjalanan tim," kata Sarri.

Mantan pelatih Napoli ini menambahkan, jadwal pertandingan yang demikian padat membuat timnya tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Terlebih, belitan cedera terkadang menjadi masalah tersendiri bagi The Blues.

Meski demikian, skuat Chelsea yang disiapkan untuk pertandingan ini terbilang lengkap. Sarri kemungkinan bakal menerapkan skema favoritnya 3-4-3 untuk menghadapi Liverpool.

"Kami tahu betul risiko pertandingan ini. Namun, kami juga tahu bahwa ketika kami bermain dengan 100 persen dari potensi kami, kami bisa mendapatkan poin di mana saja. Kami berada dalam kondisi fisik dan mental yang sangat baik sekarang,” tandas Sarri.

Catatan Pertemuan:

29/9/2018 Chelsea 1 - 1 Liverpool

27/9/2018 Liverpool 1 - 2 Chelsea

6/5/2018 Chelsea 1 - 0 Liverpool

26/11/2017 Liverpool 1 - 1 Chelsea

1/2/2017 Liverpool 1 - 1 Chelsea

Perkiraan susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Andrew Robertson, Virgil Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Naby Keita, Georginio Wijnaldum, James Milner; Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohammed Salah.

Manajer: Jurgen Klopp.

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga, Antonio Rudger, David Luiz, Emerson, Jorginho, Cesar Azpilicueta, Loftus-Cheek, N’Golo Kante, Eden Hazard, Hudson-Odoi, Higuain.

Manajer: Maurizio Sarri.



Sumber: BBC, Skysports