Hentikan Juventus, Ajax Cetak Rekor

Hentikan Juventus, Ajax Cetak Rekor
Para pemain Ajax bergembira sementara bek Juventus Alex Sandro terlihat lesu dalam laga kedua perempat final Liga Champions, Selasa, 16 April 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 17 April 2019 | 06:19 WIB

Turin, Beritasatu.com - Ajax secara mengejutkan berhasil menundukkan Juventus 2-1 dan memastikan diri lolos ke semifinal Liga Champions, Selasa (16/4/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Allianz, Turin, Cristiano Ronaldo sempat membuat publik tuan rumah pecah dalam kegembiraan ketika membawa timnya unggul lebih dulu pada menit ke-16.

Gol pemain asal Portugal ini justru membuat Ajax bangkit dan membalas dengan dua gol yang dilesakkan Donny van de Beek pada menit ke-34 dan Matthijs de Ligt (67). Ini berarti Juventus butuh dua gol jika ingin melaju ke semifinal.

Namun waktu tersisa ternyata tak cukup bagi pasukan Massimiliano Allegri untuk bangkit. Mereka akhirnya tersingkir dengan agregat 2-3 setelah dalam laga pertama di kandang Ajax bermain imbang 1-1.

Torehan ini membawa Ajax mencetak rekor. Mereka menjadi satu-satunya tim dalam sejarah yang berhasil menundukkan dua tim top dunia, Real Madrid dan Juventus, dalam semusim di kejuaraan level Eropa. 

Sebelum menghentikan Juventus, Ajax juga membuat kejutan besar di babak 16 besar. Mereka menundukkan Real Madrid setelah kalah 1-2 di laga pertama di kandang sendiri. 

Dalam leg kedua di Stadion Santiago Bernabeu, Ajax mempermalukan tuan rumah dengan skor telak 4-1. Pasukan Erik ten Hag meraih kemenangan spektakuler melalui gol-gol yang dilesakkan Hakim Ziyech, David Neres, Dusan Tadic, dan Lasse Schoene. 

Dengan menundukkan Juventus di Turin, Ajax pun menorehkan tiga kemenangan tandang beruntun di ajang Liga Champions. Catatan terbaik mereka adalah tujuh kemenangan tandang beruntun yang mereka catat antara November 1995 dan Maret 1997.

Sebaliknya bagi Juventus, ini merupakan kekalahan ketiga dalam enam laga kandang terakhir di Liga Champions. 

Di semifinal, Ajax akan bertemu pemenang antara Tottenham Hotspur melawan Manchester City, Rabu (16/4/2019) atau Kamis dini hari WIB. Dalam laga pertama pekan lalu, Tottenham yang bertindak sebagai tuan rumah memetik kemenangan 1-0.

Partai semifinal akan digelar kandang dan tandang pada tanggal 30 April atau 1 Mei untuk leg pertama dan 7 atau 8 Mei untuk pertemuan kedua.



Sumber: Football Italia