Liga Champions

Tottenham Secara Dramatis Singkirkan Man City

Tottenham Secara Dramatis Singkirkan Man City
Selebrasi striker Tottenham Hotspur Fernando Llorente usai menjebol gawang Manchester City di Etihad, Rabu, 17 April 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 18 April 2019 | 05:02 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Tottenham Hotspur secara dramatis memastikan langkah ke semifinal Liga Champions musim ini meski di leg kedua perempat final kalah 3-4 dari Manchester City di Etihad Stadium, Kamis (18/4) dini hari WIB. Hasil ini sudah cukup buat Spurs melenggang berkat gol tandang lantaran di leg pertama mereka mengemas kemenangan 1-0.

Laga dua tim Inggris ini berjalan sengit. City yang tertinggal satu gol di leg pertama langsung tancap gas dengan menyamakannya saat waktu baru berjalan empat menit. Gol dicetak Raheem Sterling yang melepaskan tendangan kaki kanan melengkung.

Namun, Spurs mampu membalasnya dengan dua gol dalam selang waktu tiga menit. Adalah Son Heung-min kembali menjadi momok bagi City sama seperti leg pertama. Bintang Spurs asal Korea Selatan itu membalikkan skor berkat sepasang golnya yang berawal dari blunder Aymeric Laporte pada menit ketujuh dan ke sepuluh.

Respons cepat ditunjukkan City semenit kemudian menipiskan agregat setelah sepakan kaki kirinya yang tak sempurna dihalau Hugo Lloris. Momen itu membangkitkan mental City dan kemudian mengurung pertahanan Tottenham.

Menit ke-21, penetrasi Kevin De Bruyne mampu menusuk dari sisi kanan dan memberikan umpan silang ke tengah untuk mudah disambar oleh Sterling. Skor 3-2 pun bertahan hingga permainan memasuki turun minum.

Di babak kedua, City terus tak memberikan kesempatan bagi Spurs untuk mengembangkan permainan mereka. Sergio Aguero menambah keunggulan City pada menit ke-59 berkat sepakan keras kaki kanannya setelah menerima sodoran De Bruyne.

Momentum krusial didapatkan Tottenham pada menit ke-73, Fernando Llorente memenangkan duel udara dan membobol gawang Ederson. Gol ini sempat diprotes para penggawa City karena menilai bola menyentuh tangan Llorente namun wasit tetap mengesahkannya setelah melakukan tinjauan VAR.

Sterling sempat mencetak gol ketiganya beberapa detik jelang laga berakhir dan bisa meloloskan City, namun dianulir wasit karena dinyatakan dalam posisi off-side. Tottenham pun memastikan tiket semi-final berkat menang produktivitas gol tandang.

Susunan pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Walker, Kompany (C), Laporte, Mendy, Guendogan, Silva (Fernandinho 63) , De Bruyne, Bernardo, Sterling, Aguero. Cadangan: Muric, Stones, Sane, Fernandinho, Mahrez, Otamendi, Jesus
Pelatih: Pep Guardiola

Tottenham Hotspur (4-4-2): Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Wanyama, Sissoko (Fernando Llorente 41), Eriksen Dele; Lucas (Ben Davies 82), Son. Cadangan: Gazzaniga, Sanchez, Lamela, Llorente, Foyth, Davies, Skipp.
Pelatih: Maurucio Pochettino



Sumber: Goal