Menang 4-2, Arsenal ke Final Liga Europa

Menang 4-2, Arsenal ke Final Liga Europa
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mengalahkan Valencia untuk lolos ke final Liga Europa di Stadion Mestalla, Valencia, 9 Mei 2019. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Jumat, 10 Mei 2019 | 04:59 WIB

Valencia, Beritasatu.com - Pierre-Emerick Aubameyang mencetak hat trick untuk membawa Arsenal secara meyakinkan ke final Liga Europa dengan menaklukkan tuan rumah Valencia 4-2, Kamis (9/5/2019) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Setelah pertandingan semifinal leg kedua ini, Arsenal unggul telak 7-3 secara agregat.

Valencia memulai laga dengan misi mengejar ketertinggalan 1-3 dari leg pertama, dan sempat menuai harapan dengan mencetak gol pertama di menit ke-11. Umpan silang Rodrigo mengenai badan Nacho Monreal dan mengarah ke Kevin Gameiro, yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang dijaga Petr Cech.

The Gunners membalas enam menit kemudian lewat tendangan voli Aubameyang yang cantik, menuntaskan umpan dari Alexandre Lacazette.

Lacazette nyaris menggandakan keunggulan sebelum turun minum, tetapi tendangannya melebar.

Memasuki babak kedua, Lacazette menebus kegagalannya itu dengan merebut bola di area pertahanan Valencia dan melakukan tendangan jarak jauh untuk membawa timnya unggul. Tak lama kemudian, Gameiro menyamakan kedudukan bagi tuan rumah setelah menerima bola muntah di mulut gawang.

Posisi Valencia menjadi sangat sulit setelah pada menit ke-69, Aubameyang mampu menjinakkan bek lawan saat menerima umpan silang Ainsley Maitland-Niles di tiang dekat dan menuntaskannya dengan sempurna. Dengan tiga gol tandang plus kemenangan di leg pertama, tiket final praktis sudah dipegang Arsenal.

Striker asal Gabon itu akhirnya mengunci kemenangan dengan mencetak gol ketiga setelah menuntaskan kerja sama tim yang apik, sekaligus memastikan langkah Arsenal ke partai final yang akan digelar di Baku, Azerbaijan, pada 29 Mei mendatang.



Sumber: ESPN