Berpeluang Raih Dua Gelar, Muenchen Tetap Akan Pecat Kovac?

Berpeluang Raih Dua Gelar, Muenchen Tetap Akan Pecat Kovac?
Niko Kovac. ( Foto: AFP )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 18 Mei 2019 | 09:30 WIB

Muenchen, Beritasatu.com - Niko Kovac dikabarkan bakal didepak dari jabatan sebagai pelatih Bayern Muenchen meski tim asuhannya berpeluang meraih dua gelar domestik musim ini.

Pelatih asal Kroasia ini baru semusim menangani Muenchen. Dia ditunjuk pada musim panas 2018 lalu. Setelah membawa Stuttgart tampil mengesankan, mantan gelandang Bayern ini kembali ke lingkungan yang sangat dikenalnya.

Keraguan soal kapasitasnya mulai timbul setelah Bayern Muenchen menjalani start yang lambat musim ini. Bayern sempat kehilangan posisi sebagai pemimpin klasemen Bundesliga sebelum kemudian tersisih di babak 16 besar Liga Champions oleh Liverpool.

Namun Bayern kemudian bangkit dan kini berpeluang menyabet gelar juara Bundesliga dan Piala Jerman (DFB Pokal). Gelar juara Bundesliga bakal mereka raih jika tidak kalah saat berhadapan dengan Stuttgart pada laga Sabtu (18/5/2019).

Bayern Muenchen juga akan tampil di final Piala Jerman pada 25 Mei mendatang melawan RB Leipzig. Dalam musim pertamanya, Kovac bisa meraih dua gelar juara domestik. Namun ini kabarnya tak cukup untuk memperpanjang kariernya di klub paling sukses di Jerman ini.

Selain tidak akur dengan petinggi klub, beberapa faktor menjadi penyebab Bayern akan mendepak Kovac. Sejumlah pemain dikabarkan tak selaras dengan gaya melatih Kovac.

Metode latihannya dianggap monoton sehingga memicu disharmoni di tim. Taktik yang diterapkan pelatih berusia 47 tahun itu juga banyak dipertanyakan.

Tersisihnya Bayern di tangan Liverpool menjadi salah satu contoh tidak fleksibelnya sistem permainan yang diterapkan Kovac.

CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge kabarnya berulang kali tak sepaham dengan Kovac. Presiden Bayern Uli Hoeness juga sama tak sabarnya akhir-akhir ini.

Hasil imbang 1-1 melawan Nurnberg, 29 April lalu membuat kesabaran Dewan Klub Bavaria itu habis. Perilaku buruk Kovac juga membuat posisinya kian melemah dalam beberapa pekan terakhir.

Bayern sendiri sejauh ini belum berkomentar tentang kemungkinan pergantian pelatih. Namun dengan merebaknya kabar kemungkinan dipecatnya Kovac, beberapa nama pun mulai muncul sebagai penggantinya.

Salah satu kandidat favorit pelatih Bayern musim depan adalah Mark van Bommel, yang kini menangani PSV Eindhoven. Van Bommel bukan sosok asing bagi Muenchen karena pernah bermain beberapa musim membela klub Jerman ini.

Pelatih Ajax, Erik ten Hag, juga masuk dalam radar setelah sukses membawa klub Belanda itu menyabet dua gelar musim ini dan tampil di semifinal Liga Champions.



Sumber: Goal