Hanya Imbang, Argentina Masih Juru Kunci Grup B

Hanya Imbang, Argentina Masih Juru Kunci Grup B
Kapten Argentina, Lionel Messi (tengah), terlihat lesu setelah timnya hanya bermain imbang 1-1 melawan Paraguay, Rabu, 19 Juni 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Kamis, 20 Juni 2019 | 10:17 WIB

Belo Horizonte, Beritasatu.com - Argentina kembali gagal memetik kemenangan dalam aksi mereka di Copa America 2019. Setelah sebelumnya kalah oleh Kolombia, kali ini Lionel Messi dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Paraguay, Rabu (19/6/2019) atau Kamis pagi WIB.

Dengan koleksi hanya satu poin dari dua pertandingan, Argentina pun masih terpuruk di posisi juru kunci Grup B. Poin mereka sama dengan Qatar namun kalah selisih gol.

Dalam pertandingan sebelumnya, Qatar yang hadir di Copa America sebagai undangan menyerah 0-1 kepada Kolombia. Dengan demikian, Kolombia pun kini bertengger di puncak klasemen Grup B dengan nilai sempurna tiga. Posisi kedua diisi Paraguay dengan raihan tiga poin.

Argentina sebenarnya lebih difavoritkan dalam laga melawan Paraguay. Pelatih Lionel Scaloni, mengubah formasi timnya dibanding dengan yang turun ketika kalah oleh Kolombia.

Dalam pertandingan di Stadion Mineirao ini, Scaloni menurunkan formasi 4-4-2. Striker Sergio Aguero dan pemain sayap Angel Di Maria tak lagi diturunkan sebagai starter.

Lionel Messi tetap menjadi andalan di lini depan namun kali ini dipasangkan dengan Lautaro Martinez di lini depan. Duet ini ditopang dua sayap Roberto Pereyra dan Rodrigo De Paul. Sementara Giovani Lo Celso dan Leandro Paredes menjadi gelandang tengah.

Turun sebagai unggulan, gawang Argentina justru kebobolan lebih dulu. Richard Sanchez menjebol gawang Franco Armani pada menit ke-37. Gelandang klub Olimpia ini mencetak gol setelah memanfaatkan umpan silang Miguel Almiron.

Argentina baru mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Lionel Messi pada menit ke-55. Wasit menunjuk titik putih setelah bola mengenai tangan Ivan Piris. 

Argentina nyaris mengalami kekalahan ketika Paraguay mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-62, menyusul pelanggaran di kotak terlarang yang dilakukan Nicolas Otamendi terhadap Derlis Gonzalez.

Namun kiper Armani dengan gemilang menggagalkan eksekusi yang dilakukan Derlis Gonzalez. Hingga laga usai tak ada gol tambahan yang terjadi.

Argentina masih harus memainkan partai terakhir melawan Qatar untuk bisa memastikan tiket putaran berikutnya. Pertandingan terakhir penyisihan Grup B akan dilakukan serentak pada Minggu (23/6/2019) atau Senin dini hari WIB. Dalam partai lainnya, Kolombia akan bertemu Paraguay.

Jika mampu menundukkan Qatar sementara Paraguay menang atas Kolombia, Argentina tetap bisa lolos ke babak delapan besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. 

Kolombia sendiri sudah memastikan tiket perempat final berkat kemenangan atas Qatar. Mereka akan bertemu runner-up Grup C. 



Sumber: Conmebol