Jual Tiga Pemain, Barcelona Raup Rp 960 Miliar

Jual Tiga Pemain, Barcelona Raup Rp 960 Miliar
Penjaga gawang Belanda Jasper Cillessen ( Foto: AFP PHOTO / FRANCOIS XAVIER Marit )
Alexander Madji / AMA Rabu, 26 Juni 2019 | 11:32 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Barcelona mendapat dana segar senilai 60 juta euro atau setara dengan Rp 960 miliar dengan asumsi satu euro sama dengan Rp 16.00 dari penjualan tiga pemain yaitu Andre Gomes, Jasper Cillessen, Marc Cardona.

Proses penjualan ketiga pemain ini rampung pada Selasa (25/6/2019). Gomes yang dalam satu tahun terakhir dipinjamkan ke klub Liga Utama Inggris, Everton, akhirnya dibeli secara permanen seharga 25 juta euro.

Sementara Cillessen yang selama ini menjadi kiper nomor dua di Barcelona memilih bergabung dengan Valencia karena tak kunjung mendapat kesempatan bermain lebih banyak. Barcelona mendapat dana segar 30 juta euro dari penjualan kiper asal Belanda ini.

Pada hari yang sama, Barcelona juga melepas pemain muda Marc Cardona ke Osasuna dengan harga 2,5 juta euro. Pada satu musim terakhir, pemain ini dipinjamkan ke Eibar. Dana segar 60 juta euro tersebut mampu menyeimbangkan keuangan Barcelona sebelum beraksi di bursa transfer mulai 1 Juli 2019.

Selama di Barcelona, Andre Gomes tampil 78 kali dan menjuarai empat gelar. Hanya saja, ia gagal bersaing untuk mendapat tempat di tim utama. Hal ini membuatnya dikritik sebelum akhirnya dipinjamkan ke Everton pada musim panas 2018. Selama di Everton, pemain ini tampil bagus sehingga diminati oleh sejumlah klub seperti West Ham United. Namun, Gomes lebih memilih bertahan di Goodison Park.

Adapun Cillessen dibeli Barcelona dari Ajax Amsterdam pada 2016. Hanya saja, ia gagal bersaing dengan Marc-Ander ter Stegen di bawah mistar gawang. Meskipun, kiper Timnas Belanda ini selalu tampil bagus setiap kali diberi kesempatan bermain. Selama berada di Camp Nou, Cillessen hanya tampil 32 kali dan membantu klub itu menjuarai Copa del Rey dua kali. Ia gagal membantu Azulgrana meraih trofi yang sama pada musim 2018-2019, setelah dari Valencia pada laga Final Mei lalu.



Sumber: Suara Pembaruan