Wibawa Mukti Diajukan Jadi Salah Satu Arena Piala Dunia U-20

Wibawa Mukti Diajukan Jadi Salah Satu Arena Piala Dunia U-20
Stadion Wibawa Mukti ( Foto: Dokumentasi Pemkab Bekasi )
/ JAS Rabu, 3 Juli 2019 | 14:54 WIB

Bekasi, Beritasatu.com  - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sebagai satu dari enam stadion yang diproyeksikan menjadi salah satu venue jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia di bawah usia 20 tahun (U-20) pada 2021.

Kabid Sarpras Disbudpora Kabupaten Bekasi, Deny Rusnandi di Cikarang, Rabu (3/7/2019) mengatakan, penunjukan Stadion Wibawa Mukti sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 menjadi opsi yang tepat mengingat stadion ini juga pernah menggelar event internasional.

"Sejauh ini belum ada info kenapa terpilih, mungkin karena stadion ini sudah sesuai standar AFC dan pernah jadi venue Asian Games," katanya.

Selain menjadi venue Asian Games, stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bekasi itu juga pernah menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018, serta beberapa laga persahabatan internasional yang merupakan agenda resmi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

"Stadion kita juga menjadi tempat TC (pemusatan latihan) timnas kita, mulai dari U-16, U-19, U-23, hingga timnas senior," ucapnya.

Ketua Askab PSSI Kabupaten Bekasi, Hamun Sutisna menyambut baik penunjukan stadion yang berlokasi di Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur itu sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Selain dapat memotivasi insan sepak bola daerah khususnya di Kabupaten Bekasi, penyelenggaraan even level dunia ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga terutama para pelaku usaha kecil dan menengah.

"Akan menjadi kebanggaan kita bila pernyataan Sekjen PSSI betul bahwa Stadion Wibawa Mukti menjadi salah satu venue piala dunia. Kapan lagi momen itu akan terjadi. Ini adalah momen penting. Penyelenggaraan piala dunia di Indonesia, mungkin stadion kita bisa mendunia," kata Hamun.

PSSI sudah menyiapkan enam stadion sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. Dari enam stadion yang disiapkan, dua di antaranya merupakan stadion kebanggaan masyarakat kota dan kabupaten Bekasi.

Enam stadion yang disiapkan di antaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), dan Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor).

Sementara tiga venue lain adalah Stadion Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Kota Bandung).

Indonesia saat ini masih bersaing dengan beberapa negara lain dalam upaya menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia 2021. Arab Saudi mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama dua negara lainnya Bahrain dan Uni Emirat Arab. Demikian juga Thailand bersama Myanmar. Negara lain yang mengajukan sebagai tuan rumah adalah Brasil dan Peru.

Tuan rumah Piala Dunia U-20 akan diumumkan pada 20 Oktober 2019 di Shanghai, Tiongkok.



Sumber: ANTARA