Tersingkir di Semifinal, Argentina Layangkan Dokumen Protes ke Conmebol

Tersingkir di Semifinal, Argentina Layangkan Dokumen Protes ke Conmebol
Lionel Messi (kiri) bersama rekan-rekannya memprotes keputusan wasit saat laga semifinal melawan Brasil, Selasa, 3 Juli 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 4 Juli 2019 | 16:14 WIB

Buenos Aires, Beritasatu.com - Tim Nasional Argentina masih terluka dengan kekalahan 0-2 dari Brasil di semifinal Copa Amerika 2019. Wasit dituding menjadi biang dari kekalahan tersebut. Sebelumnya bintang Argentina Lionel Messi menjadikan wasit sebagai "kambing hitam" atas kegagalan timnya melaju ke final. 

Protes Messi mendapat dukungan dari Federasi Sepakbola Argentina (AFA)dengan mengirimkan dokumen protes setebal enam halaman kepada Conmebol. Dokumen yang ditanda tangani Presiden AFA, Claudio Tapia itu menuding wasit Roddy Zambrano melakukan kesalahan yang serius dan berat.

Salah satu yang diprotes Argentina adalah wasit tidak memberikan penalti ketika Sergio Aguero dilanggar di area penalti Brasil. 

Menurut Messi, wasit Roddy Zambrano dari Ekuador seharusnya melihat video assistant referee (VAR) atas pelanggaran terhadap Aguero. Dia yakin jika melihat VAR, wasit akan memberi hadiah penalti untuk timnya.

"Mereka (wasit) mengeluarkan banyak kartu namun mereka tak mengecek VAR. Sungguh luar biasa," papar pemain yang telah 135 kali membela Timnas Argentina ini.

"Itu terjadi sepanjang pertandingan. Dalam kontak pertama, mereka menguntungkan Brasil dan hal semacam ini membuat rusak permainan kami," imbuhnya.

"Kami tak ingin membuat alasan. Namun kita harus mengevaluasi dan menganalisis hal ini dan mari berharap Conmebol melakukan sesuatu mengenai hal ini," papar Messi lagi.



Sumber: The Mirror