Taklukkan Southampton, Liverpool Bertengger di Puncak

Taklukkan Southampton, Liverpool Bertengger di Puncak
Striker Liverpool Sadio Mane (kiri) berduel dengan gelandang Southampton Pierre-Emile Hojbjerg dalam partai Premier League di Stadion St Mary's, Sabtu, 17 Agustus 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 17 Agustus 2019 | 22:00 WIB

Southampton, Beritasatu.com - Liverpool menundukkan tuan rumah Southampton 2-1 dalam laga pekan kedua Premier League, Sabtu (17/8/2019), di Stadion St Mary's.

Dua gol yang membawa tim tamu meraih kemenangan dilesakkan Sadio Mane saat injury time babak pertama dan Roberto Firmino pada menit ke-71. Southampton memperkecil ketinggalan melalui gol Danny Ings pada menit ke-83.

Ini merupakan kemenangan kedua yang diraih Liverpool di Premier League musim ini. Rabu lalu, mereka juga menyabet juara Piala Super Eropa setelah menundukkan Chelsea lewat adu penalti. 

Liverpool kini bertengger di puncak klasemen dengan koleksi enam poin sama dengan Arsenal. 

Manajer Liverpool Juergen Klopp, mengusung formasi andalannya 4-3-3. Dia tetap menurunkan trio terkuat di barisan depan yang terdiri dari Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Mereka ditopang tiga pemain tengah Alex Oxlade-Chamberlain, Georginio Wijnaldum, dan James Milner. Alisson Becker masih cedera sehingga posisi penjaga gawang masih akan dipercayakan kepada Adrian.

Kiper asal Spanyol ini bakal dikawal Joel Matip dan Virgil van Dijk sebagai bek tengah. Serta Trent Alexander-Arnold di sisi kanan pertahanan dan Andrew Robertson di kiri.

Liverpool sudah menekan sejak menit ketiga. James Milner melepaskan tendangan dari luar kotak penalti setelah mendapat sodoran dari Sadio Mane. Namun tendangan mantan pemain Manchester City ini berhasil diredam kiper Angus Gunn.

Empat menit kemudian Milner kembali melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun upaya ini juga gagal menghasilkan gol karena berhasil diblok Gunn.

Permainan menekan yang diterapkan Liverpool kembali menghasilkan peluang pada menit ke-13. Alex Oxlade-Chamberlain menendang bola dengan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti. Namun sepakan eks pemain Arsenal ini melenceng ke sisi kiri gawang.

Pada menit ke-18 dan 21, pemain Southampton, Maya Yoshida, mendapat kesempatan menjebol gawang Liverpool. Namun bek asal Jepang ini juga gagal menghasilkan gol. Peluang pertama melenceng. Sementara upaya keduanya dengan sundulan berhasil digagalkan kiper Adrian.

Saat babak pertama mendekati akhir, Mane membuat kejutan dengan menjebol gawang Southampton. Setelah menerima bola, mantan pemain Southampton ini melewati dua pemain lalu melepaskan tendangan. Bola yang mengarah ke sudut kiri atas gawang membuat kiper Gunn tak mampu menjangkaunya. Liverpool pun unggul 1-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Southampton mulai memberikan perlawanan. Mereka melakukan tekanan melalui Pierre-Emile Hojbjerg. Namun tendangan dari luar kotak penalti yang dieksekusinya berhasil diblok Adrian.

Liverpool menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-71. Gol kedua pasukan Juergen Klopp dilesakkan Roberto Firmino.

Gol berawal dari aksi Sadio Mane yang berhasil merebut bola dari pemain Southampton. Dia lalu menyodorkan bola kepada Firmino. Pemain Brasil ini kemudian membawa sebentar bola lalu melepaskan tendangan yang tak mampu ditahan kiper Angus Gunn.

Secara mengejutkan Southampton ternyata mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-83. Gol tuan rumah dilesakkan Danny Ings.

Gol terjadi karena kesalahan yang dilakukan kiper Liverpool, Adrian. Penjaga gawang asal Spanyol ini menerima bola dari rekannya Virgil van Dijk. Namun saat hendak bermaksud melepaskan tendangan ke arah rekannya, bola diblok kaki kanan Ings dan masuk ke gawang Liverpool.

Tak berapa lama, Southampton sebenarnya memiliki peluang emas menyamakan skor. Yan Valery berhasil mengirim umpan silan ke mulut gawang. Namun upaya Ings mnjebol gawang Liverpool dari jarak dekat gagal.

Berikut susunan pemain:

Southampton (3-5-2): 28 Angus Gunn; 35 Jan Bednarek, 3 Maya Yoshida, 4 Jannik Vestergaard; 43 Yan Valery, 16 James Ward-Prowse, 14 Oriol Romeu (9 Danny Ings 64), 23 Pierre-Emile Hojbjerg, 21 Ryan Bertrand (12 Moussa Djenepo 77); 10 Che Adams (17 Stuart Armstrong 68), 22 Nathan Redmond.

Liverpool (4-3-3): 13 Adrian; 66 Trent Alexander-Arnold, 32 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 15 Alex Oxlade-Chamberlain (14 Jordan Henderson 89), 5 Georginio Wijnaldum, 7 James Milner (3 Fabinho 74); 11 Mohamed Salah (27 Divock Origi 79), 9 Roberto Firmino, 10 Sadio Mane.



Sumber: Sportinglife