Ajax Bungkam VVV Venlo 4-1

Ajax Bungkam VVV Venlo 4-1
Penyerang Ajax Klaas-Jan Huntelaar (tengah) merayakan golnya ke gawang VVV Venlo dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion De Koel, Venlo, Belanda, Sabtu (17/8/2019) setempat. ( Foto: ajax.nl )
/ WBP Minggu, 18 Agustus 2019 | 07:10 WIB

Venlo, Beritasatu.com  - Ajax memetik kemenangan 4-1 di kandang VVV Venlo dalam laga pekan ketiga Liga Belanda di Stadion De Koel, Venlo, Belanda, Minggu dini hari (18/8/2019) WIB.

Dusan Tadic yang mencetak gol kedua Ajax dalam kemenangan tersebut sukses mengarungi tiga pekan pertama dengan mengemas gol di tiap pekannya, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Gol Tadic dari titik putih itu menyusul pembuka keunggulan yang dicetak Hakim Ziyech dan diikuti gol milik dua pemain pengganti Klaas-Jan Huntelaar serta David Neres, sedangkan Venlo baru bisa membalas semenit jelang waktu normal berakir melalui Evert Linthorst.

Hasil itu untuk sementara membawa tim besutan Erik ten Hag naik ke puncak klasemen dengan koleksi tujuh poin, sembari menunggu bilamana dua tim yang selalu menang di dua pekan awal, AZ Alkmaar dan FC Utrecht, bakal meraup tiga poin lagi pada pekan ketiga.

Kemenangan di markas Venlo mungkin harus dibayar mahal, karena Ajax kehilangan rekrutan anyar mereka Quincy Proms yang cedera dan ditarik keluar pada menit ke-41 digantikan Neres.

Kendati tampil menekan sejak sepak mula, Ajax harus menunggu hingga semenit jelang babak pertama rampung untuk membuka keunggulan melalui Ziyech yang menyelesaikan bola sodoran Tadic dengan sepakan kaki kirinya.

Memasuki babak kedua, Ajax dapat keuntungan hanya tiga menit selepas sepak lanjut saat bola tembakan Nicolas Tagliafico terhalau tangan Roel Janssen di dalam area terlarang.

Kesempatan dari titik putih tak disia-siakan oleh Tadic yang mengarahkan eksekusinya ke sudut kanan atas gawang demi menggandakan keunggulan Ajax.

Huntelaar masuk pada menit ke-59 dan ia cuma butuh waktu tujuh menit untuk mencatatkan namanya di papan skor ketika penyerang gaek itu dengan dingin menyelesaikan umpan tarik Tagliafico di mulut gawang.

Tekanan yang terus dilancarkan Ajax kembali membuahkan hasil pada menit ke-76 saat Neres berhasil menyambut umpan Donny van de Beek dan memaksa kiper Thorsten Kirschbaum memungut bola dari dalam gawangnya untuk keempat kali.

Sebuah gol hiburan bagi tuan rumah tercipta pada menit ke-89 lewat sepakan kaki kiri Linthorst, yang hanya bisa mengubah skor akhir menjadi 4-1 bagi kemenanan Ajax.

Susunan pemain:

VVV Venlo (4-3-3): Thorsten Kirschbaum; Tobias Pachonik, Nils Roeseler, Steffenn Schaafer (Christian Kum), Roel Janssen; Evert Linthorst, Damian van Bruggen, Richard Neudecker; Jerome Sinclair (Haji Wright), Elia Soriano (Samuel Scheimann), Peter van Ooijen
Pelatih: Robert Maaskant

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Sergino Dest, Perr Schuurs, Lisandro Martinez (Edson Alvarez), Nicolas Tagliafico; Razvan Marin, Donny van de Beek, Daley Blind; Hakim Ziyech (Klaas-Jan Huntelaar), Dusan Tadic, Quincy Promes (David Neres)
Pelatih: Erik ten Hag



Sumber: ANTARA