Pogba Gagal Penalti, Ini Pembelaan Solskjaer

Pogba Gagal Penalti, Ini Pembelaan Solskjaer
Gelandang Manchester United, Paul Pogba (kedua kanan) menyalami manajer Ole Gunnar Solskjaer, usai pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers, Senin, 19 Agustus 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Selasa, 20 Agustus 2019 | 06:37 WIB

Wolverhampton, Beritasatu.com - Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tetap membela Paul Pogba meski gelandangnya itu gagal mencetak gol dari titik penalti saat tandang ke Wolverhamton Wanderers, Senin (19/8/2019). 

Manchester United memiliki peluang emas mencetak gol pada menit ke-65. Mereka mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Conor Coady terhadap Pogba di kotak terlarang.

Pogba menjadi eksekutor penalti ini. Namun gelandang asal Prancis tersebut gagal mencetak gol dari titik putih. Tendangannya ke arah kanan gawang berhasil diblok kiper Rui Patricio.

Sebelum mengambil penalti, Pogba terlihat sempat berdebat dengan Marcus Rashford. Keduanya sama-sama ingin mengambil tendangan dari jarak 11 meter itu.

Mantan gelandang Manchester United, Gary Neville, yang kini menjadi komentator di Sky Sport menyatakan insiden tersebut tidak bagus bagi tim. Namun Solskjaer tak mau menyalahkan pemain tengah asal Prancis itu. Ini untuk keempat kalinya Pogba gagal mencetak gol dari titik penalti.

"Keduanya percaya diri dan penendang penalti yang bagus," papar Solskjaer. "Saat ada dua nama maka ada salah satu yang paling yakin dan Paul telah mencetak banyak gol dari titik penalti, jadi ini sama sekali bukan masalah," manajer asal Norwegia itu menambahkan.

"Terkadang dalam satu pertandingan Anda sangat percaya diri. Namun kadang pula merasa, 'Saya tak mau mengambil (penalti) karena ini hari buruk bagi saya.' Saya sama sekali tak masalah dengan pemain yang maju dan berkata, 'Ini (tendangan penalti) milik saya," papar Solskjaer.

Rashford sejauh ini belum pernah gagal saat menjadi algojo penalti. Dia juga mencetak gol dari titik putih saat MU menang 4-0 atas Chelsea, di laga perdana musim ini.

Setelah berdebat dengan Pogba, dia terlihat ditenangkan oleh Daniel James. Namun Rashford menegaskan dirinya sama sekali tak masalah dengan Pogba meski rekannya itu gagal menghasilkan gol.

"Paul ingin mengambilnya, jadi dia mengeksekusinya," kata Rashford. "Semua orang bisa gagal saat menendang penalti. Dia mencetak banyak gol untuk kami dari tendangan penalti. Normal jika dia sesekali gagal," ujarnya.

"Kami sama-sama ingin mengambil (penalti) itu. Keyakinan untuk mencetak gol selalu sama. Kami berlatih sepanjang waktu. Tak ada alasan mengapa kami tak bisa mencetak gol. Ini bukan karena Pogba, ini karena tim," imbuhnya.

Sementara saat menjadi komentator pertandingan ini, Neville menyatakan eksekutor penalti seharusnya sudah ditentukan sebelum pertandingan dimulai.

"Ini tidak benar," ujar sosok yang hanya membela Manchester United sepanjang kariernya sebagai pemain ini. "Ini penalti Manchester United. Ini bukan tombola (bingo). Rashford melempar bola ke Pogba. Ada sesuatu yang keliru."



Sumber: ESPN