Dortmund vs Barca, Partai Seru di Stadion Westfalen

Dortmund vs Barca, Partai Seru di Stadion Westfalen
Borussia Dortmund vs Barcelona ( Foto: UEFA )
Jaja Suteja / JAS Selasa, 17 September 2019 | 11:40 WIB

Siaran Langsung SCTV, Rabu (18/9/2019) mulai 02.00 WIB

Dortmund, Beritasatu.com – Barcelona memang disebut sebagai salah satu tim terbaik dunia. Namun tim yang kini ditangani Ernesto Valverde ini diprediksi bakal menjalani pertarungan yang sulit pada Selasa (17/9/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Raksasa Catalan ini akan menghadapi Borussia Dortmund dalam laga pertama babak penyisihan Liga Champions Grup F. Di atas kertas, Barcelona memang lebih mengilap. Namun Dortmund memiliki kelebihan kali ini. Grafik Die Borussen tengah naik dan bakal tampil di depan publik mereka sendiri di Stadion Westfalen.

Tak heran jika partai ini menjanjikan pertarungan yang seru dan menghibur karena mempertemukan tim yang performanya tengah menanjak.

Borussia Dortmund telah memastikan bahwa Nico Schulz cedera dan tak mungkin diturunkan. Sementara Lukasz Piszczek tidak 100 persen fit. Achraf Hakimi kemungkinan besar akan menggantikannya sebagai full-back di sisi kanan pertahanan.

Striker Paco Alcacer memiliki motivasi yang sangat tinggi menghadapi partai ini. Dia adalah pemain yang dibuang Barcelona karena dianggap tak mampu bersaing menembus tim utama di lini depan.

Pemain yang pernah memperkuat Valencia ini pasti ingin membuktikan bahwa Barca telah salah mendepaknya. Penyerang berusia 26 tahun ini sangat berpotensi menjadi penyebab La Blaugrana meraih hasil negatif di Signal Iduna Park.

Seperti musim lalu, Alcacer juga kembali menunjukkan ketajamannya musim ini. Dia telah mengoleksi lima gol dalam empat pertandingan.

Jadon Sancho juga bakal mendapat kesempatan membuktikan dirinya adalah bintang dunia masa depan saat melawan satu klub terbaik dunia. Pemain berusia 19 tahun ini dilirik banyak klub top dunia karena kehebatannya bermain di posisi sayap.

Namun dia memilih bertahan bersama Dortmund agar bisa lebih banyak mendapat kesempatan dan berkembang di bawah arahan pelatih Lucien Favre.

Thomas Delaney dan Julian Weigl akan bersaing memperebutkan satu tempat di lini tengah. Sementara Thorgan Hazard dan Julian Brandt juga bersaing untuk dipercaya Favre mengisi peran sebagai sayap kiri.

Manuel Akanji pulih dari cedera dan tampil saat Dortmund menundukkan Bayer Leverkusen 4-0 dalam laga akhir pekan lalu. Pemain asal Swiss ini akan berduet dengan Mats Hummels menjaga jantung pertahanan Dortmund.

Di kubu Barcelona, Lionel Messi dipastikan tampil setelah pulih dari cedera. Jika benar diturunkan, ini akan menjadi penampilan pertamanya sepanjang musim 2019-2020.

Barcelona telah memainkan empat partai La Liga musim ini dan Messi selalu absen. Mereka masih tercecer di urutan kelima setelah hanya meraih tujuh poin.

Kiper anyar yang direkrut musim panas lalu dari Valencia, Neto, juga baru saja pulih dari cedera. Namun mantan penjaga gawang Juventus ini dipastikan hanya menjadi cadangan karena posisi di bawah mistar akan tetap diserahkan kepada Marc Andre ter Stegen.

Ansu Fati dan Carles Perez, tampil mengesankan musim ini. Namun dengan pulihnya Messi, mereka tampaknya bakal duduk di bangku cadangan.

Valverde kemungkinan besar akan menurunkan trio Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann di barisan depan. Lini tengah akan diisi Ivan Rakitic, Sergio Busquets, dan Frenkie De Jong. Namun peran Rakitic bisa juga digantikan Artur.

Dengan absennya Samuel Umtiti akibat cedera, Valverde bakal menampilkan Clement Lenglet dan Gerard Pique sebagai duet bek tengah di barisan belakang. Nelson Semedo kian memantapkan diri sebagai pilihan pertama di sisi kanan pertahanan. Sementara Jordi Alba masih belum tergantikan untuk tampil sebagai bek kiri.

Kedua tim berbekal kemenangan dengan skor besar menjelang duel di kota yang terletak di negara bagian Nordrhein-Westfalen ini. Dortmund menaklukkan Bayer Leverkusen 4-0 di ajang Bundesliga. Gol-gol pasukan Favre dilesakkan Alcacer, Marco Reus (2 gol), dan Raphael Guerreiro.

Sementara Barcelona menumbangkan rivalnya di La Liga Valencia dengan skor 5-2. Luis Suarez mencetak dua gol. Tiga gol lainnya masing-masing dilesakkan Ansu Fati, Gerard Pique, dan Frenkie De Jong.

Kedua tim juga diperkuat pemain-pemain bertipe menyerang. Pelatih masing-masing tim, Valverde di kubu Barcelona dan Favre di Dortmund juga menganut permainan menyerang. Banyak kalangan memprediksi kedua tim akan bermain imbang dengan skor minimal 1-1.

Tujuh gol yang telah bersarang di gawang Barcelona dalam empat partai La Liga musim ini menjadi bukti lini belakang mereka masih rapuh. Kelemahan ini menjadi kesempatan bagi Alcacer untuk mencetak gol ke gawang Azulgrana.  

Perkiraan Susunan Pemain
Borussia Dortmund (4-2-3-1):
K: Roman Burki
B: Achraf Hakimi, Manuel Akanji, Mats Hummels, Raphael Guerreiro
T: Thomas Delaney, Axel Witsel
T: Jordan Sancho, Marco Reus, Julian Brandt
D: Paco Alcacer
Pelatih: Lucien Favre

Barcelona (4-3-3):
K: Marc Andre Ter Stegen
B: Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba
T: Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie De Jong
D: Antoine Griezmann, Luis Suarez, Lionel Messi
Pelatih: Ernesto Valverde

Lima Pertandingan Terakhir Borussia Dortmund
17/08/19 Bundesliga Borussia Dortmund 5-1 Augsburg
24/08/19 Bundesliga Koln 1-3 Borussia Dortmund
31/08/19 Bundesliga Union Berlin 3-1 Borussia Dortmund
06/09/19 Uji Coba Energie Cottbus 0-5 Borussia Dortmund
14/09/19 Bundesliga Borussia Dortmund 4-0 Bayer Leverkusen

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona
11/08/19 Uji Coba Napoli 0-4 Barcelona
17/08/19 La Liga Athletic Bilbao 1-0 Barcelona
26/08/19 La Liga Barcelona 5-2 Real Betis
31/08/19 La Liga Osasuna 2-2 Barcelona
15/09/19 La Liga Barcelona 5-2 Valencia



Sumber: UEFA