Chelsea Menyerah Kalah dari Valencia

Chelsea Menyerah Kalah dari Valencia
Reaksi striker Chelsea Olivier Giroud usai Chelsea dikalahkan Valencia di Stamford Bridge, Rabu, 18 September 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 18 September 2019 | 05:14 WIB

London, Beritasatu.com - Chelsea tak berkutik ketika menjamu Valencia pada laga perdana Liga Champions 2019/20 grup H di Stamford Bridge, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB. Gol dari Rodrigo di babak kedua membuat Chelsea menyerah kalah 0-1.

Hasil ini membuat Chelsea harus puas di posisi ketiga, pemuncak dari grup H didapatkan oleh Ajax yang mampu menang dengan skor 3-0 melawan Lille.

Pada pertandingan ini, tiga pemain muda yang diturunkan oleh Chelsea yaitu Fikayo Tomori, Mason Mount, dan Abraham tercatat sebagai pemain muda pertama (usia dibawah 21 tahun) setelah Liverpool 2008 sebagai pemain debutan yang turun di Liga Champions.

Chelsea sebenarnya mengawali pertandingan dengan percaya diri. Inisiatif serangan langsung mereka lakukan dan ancaman pertama datang ketika tendangan Tamy Abraham yang mendapatkan umpan silang Willian masih bisa diblok kiper Valencia Jesper Cillessen. 

Kerugian didapatkan Chelsea saat Francis Coquelin melakukan pelanggaran kepada Mount. Pemain asal Prancis itu langsung diganjar kartu kuning. Di sisi lain, Mount langsung mengalami cedera dan digantikan Pedro Ledesma. Teror Chelsea terus berlanjut di menit ke 17 saat Abraham kembali mendapatkan peluang matang di depan gawang. Namun, kesempatan itu gagal diselesaikan karena dia dianggap sudah offside.

Valencia sendiri berusaha memberikan perlawanan tetapi upaya mereka selalu kandas di lini pertahanan Chelsea. 

Setengah jam berjalan, Valencia mendapatkan peluang emas dari tembakan jarak dekat dari Rodrigo. Namun tembakan tersebut masih bisa diblok bek Chelsea. Wass memang sempat menyambut bola liar tersebut, hanya saja tembakannya masih melambung.

Tomori di menit ke-36 melakukan solo run hingga kotak penalti Valencia. Dia bahkan berhasil memberikan umpan silang. Sayang, umpan tersebut gagal dimaksimalkan Azpilicueta. Hingga babak pertama selesai, skor tetap imbang 0-0.

Babak Kedua berjalan dalam tempo sedang. Kedua tim saling bergantian menyerang. Berawal dar tendangan Kevin Gameiro di menit 58 yang masih  melambung tinggi.

Empat menit kemudian, Chelsea membalas setelah mendapatkan tendangan bebas dari pelanggaran Willian. Tetapi, sepakan bebas dari Alonso masih gagal menjadi gol.

Chelsea melakukan pergantian dengan menarik Kurt Zouma dengan Olivier Giroud di menit ke-73. Namun pergantian ini seperti menjadi petaka. Rapatnya pertahanan Chelsea menjadi terbuka sehingga berhasil dimanfaatkan lawan.

Satu menit dari pergantian, Valencia mencetak gol melalui Rodrigo yang memanfaatkan umpan tendangan bebas Parejo. Valencia unggul 1-0.

Chelsea mendapatkan penalti di menit ke-86. Wasit memberikannya setelah melihat tayangan ulang melalui VAR. Sayang Ross Barkley yang menjadi eksekutor masih gagal menuntaskannya. Tembakan yang dia lepaskan masih membentur mistar gawang.

Di sisa waktu, Chelsea terus berusaha melakukan segala daya dan upaya. Namun, gol tidak kunjung terjadi dan mereka harus puas menjalani laga perdana dengan kekalahan 1-0 melawan Valencia.

Susunan Pamain
Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Marcos Alonso, Zouma, Christensen, Tomori, Kovačić, Jorginho, Mount, Willian, Abraham

Valencia: Cillessen, Garay, Gabriel Paulista, Gayá, Wass, Dani Parejo, Coquelin, Cheryshev, Kondogbia, Gameiro, Rodrigo



Sumber: Goal, BBC