Xavi Tahu Cara Melatih Lionel Messi dan Kawan-kawan

Xavi Tahu Cara Melatih Lionel Messi dan Kawan-kawan
Gelandang Xavi Hernandes turut ambil bagian dalam perayaan kesuksesan Barcelona merebut trofi Liga Champions. AFP Photo/Josep Lago
Zumrotul Muslimin / ZTM Senin, 23 September 2019 | 21:07 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Legendar Barcelona Xavi Hernandez memanaskan rumor masa depan pelatih Ernesto Valverde. Xavi terang-terangan siap mengisi posisi Valverde jika nama terakhir didepak dari Camp Nou.

Kursi Valverde mulai goyang setelah rentetan hasil buruk Los Cules. Valverde berada di bawah tekanan karena tim asuhannya mencatatkan awal musim paling buruk sejak 1994-95 alias 25 tahun silam.

"Saya telah mengatakan sebelumnya melatih Barcelona adalah mimpi saya. Barcelona adalah klub besar dengan ekspektasi tinggi dan saya harus siap untuk itu," ungkap Xavi kepada surat kabar Catalan, ARA.

"Tidak masalah melatih mantan rekan setim. Saya tahu seperti apa Leo (Lionel Messi), dan Luis (Suarez), Sergio Busquets, Jordi (Alba), (Gerard) Pique atau Sergi (Roberto)," kata pelatih berusia 39 tahun tersebut.

"Saya tahu cara mereka berlatih, saya tahu saat mereka sedih atau marah. Jika melatih nanti, saya berharap bisa punya tiga, lima, delapan, atau 10 pemain yang sudah saya kenal dan memiliki hubungan yang baik," ujarnya.

Xavi saat ini melatih klub Qatar, Al-Sadd dan bisa dibilang sukses. Dia memenangkan tiga laga pertamanya dan membawa Al-Sadd ke semifinal Liga Champions Asia. Sebelum kembali ke Camp Nou, Xavi ingin memberi gelar untuk Al-Sadd.

“Hal yang saya pikirkan sekarang adalah melatih dengan baik di sini (di Qatar), memenangkan gelar dan mengambil pelajaran. Sulit untuk tahu kapan kembali, saya harus mencari banyak pengalaman sebagai pelatih," tutup Xavi.



Sumber: Football Espana