Messi Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia Ke-6

Messi Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia Ke-6
Pemain Barcelona, Lionel Messi, terpilih sebagai Pemain Terbaik FIFA 2019. (Foto: AFP PHOTO)
Alexander Madji / AMA Selasa, 24 September 2019 | 11:49 WIB

Milan, Beritasatu.com - Penyerang Barcelona dan Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi, dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia versi Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA 2019. Ia mengalahkan bek Liverpool dan Timnas Belanda, Virgil van Dijk, dan penyerang Juventus asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Gelar itu diberikan Presiden FIFA Gianni Infantino kepada Messi dalam sebuah acara di Kota Milan, Italia, pada Senin (23/9) malam waktu setempat atau Selasa (24/9/2019) dini hari WIB.

Ini adalah gelar keenam Messi sebagai pemain terbaik dunia atau unggul satu gelar dari Ronaldo yang baru mengoleksi lima gelar. Namun, inilah untuk pertama kalinya, Messi menerima kembali penghargaan tersebut setelah pada 2016-2017 gelar itu diterima Ronaldo dan tahun lalu direbut Luka Modric. Gelar pemain terbaik dunia ini langsung menempatkan Messi sebagai calon kuat penerima Ballon d'Or 2019 yang diberikan oleh majalah olahraga Prancis.

Van Dijk kalah dari Messi dalam pemilihan yang dilakukan oleh ribuan pemain di seluruh dunia yang dikoordinasi FIFPro, organisasi pemain profesional dunia. Messi mengoleksi 46 poin, sedangkan Van Dijk hanya mengoleksi 38 angka. Adapun Ronaldo harus puas menempati posisi ketiga setelah hanya tertinggal dua poin di belakang Van Dijk.

Messi terpilih sebagai pemain terbaik dunia 2019, meskipun ia gagal membawa Barcelona menjuarai Liga Champions musim lalu. Namun ia terpilih karena di usianya ke-32, ia masih sangat subur. Ia berhasil mencetak 36 gol dan 15 umpan pada 35 laga La Liga Spanyol musim lalu. Total, ia mencetak 51 gol dan 22 umpan di semua kompetisi sepanjang musim lalu.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang sudah memilih saya untuk menerima penghargaan ini. Bagi saya, penghargaan individu selalu menjadi nomor dua. Yang paling utama adalah tim. Namun, hari ini adalah sesuatu yang spesial. Istri dan anak-anak saya ikut ke sini. Dan, ini untuk pertama kalinya mereka mengikuti kegiatan seperti ini. Berada bersama mereka di sini adalah sebuah kebahagian yang tiada tara. Mereka sangat mencintai sepakbola dan mereka terkagum-kagum melihat orang-orang di sekeliling mereka di sini,” kata Messi dalam sambutannya.



Sumber: Suara Pembaruan