Hancurkan San Marino, Belgia Lolos ke Piala Eropa 2020

Hancurkan San Marino, Belgia Lolos ke Piala Eropa 2020
Striker Belgia Romelu Lukaku merayakan gol yang dicetaknya ke gawang San Marino. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 11 Oktober 2019 | 05:14 WIB

Brussels, Beritasatu.com - Belgia memastikan lolos untuk bermain di putaran final Piala Eropa 2020. Ini dipastikan setelah Belgia tanpa ampun menggilas San Marino 9-0 di Stade Roi Baudouin dalam pertandingan lanjutan kualifikasiPiala Eropa 2020, Jumat (11/10/2019).

Dengan demikian, pasukan Roberto Martinez masih mencatatkan rekor sapu bersih kemenangan dalam tujuh pertandingan. Hasil ini sekaligus memastikan Belgia jadi tim pertama yang lolos ke Piala Eropa 2020.

Tambahan tiga poin menempatkan Belgia kokoh di puncak klasemen Grup I dengan perolehan 21 poin. Sedangkan San Marino yang berada di dasar klasemen dengan nirpoin.

Keunggulan Belgia dibuka di menit ke-28 setelah umpan matang Yoeri Tielemans sukses dikonversi dengan apik oleh Romelu Lukaku. 1-0, Belgia berada di atas angin. Tiga menit, gawang tim tamu jebol lagi .Sodoran Lukaku dilanjutkan oleh Nacer Chadli untuk menggandakan kedudukan.

Di menit ke-35, serangan Belgia berakhir dengan gol bunuh diri Cristian Brolli sebelum Lukaku mencetak gol keduanya di menit ke-41 setelah memaksimalkan servis dari Eden Hazard. Dua menit berselang, Belgia memperbesar keunggulan menjadi lima gol setelah kembali dihadiahi gol bunuh diri. Kali ini giliran Andrea Grandoni yang melakukannya.

Babak pertama pun ditutup gol Tielemans tepat di masa tambahan waktu, mengoptimalkan kolaborasi dengan Hazard. Skor 6-0 menandai akhir dari 45 menit pertama.

Selepas interval, Yannick Carrasco memfasilitasi Cristian Benteke, yang baru masuk tiga menit dari bench menggantikan Lukaku, untuk mengubah papan skor jadi 7-0.

Menginjak menit ke-84, Belgia mendapatkan penalti. Yari Verschaeren yang juga tampil dari bangku cadangan, menjadi eksekutor dan menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Di pengujung pertandingan, Belgia melengkapi penderitaan San Marino menjadi 9-0 setelah aksi Timoty Castagne tak terbendung.



Sumber: Goal