Kualifikasi Piala Eropa 2020

Diimbangi Norwegia, Tren Kemenangan Spanyol Terhenti

Diimbangi Norwegia, Tren Kemenangan Spanyol Terhenti
Gelandang Spanyol Saul Niguez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwegia di Oslo, MInggu, 13 Oktober 2019. ( Foto: Tore Meek / AFP) )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 13 Oktober 2019 | 05:05 WIB

Oslo, Beritasatu.com - Tren kemenangan Spanyol terhenti setelah ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Norwegia Ullevaal Stadion, Minggu (13/10/2019). Hasil imbang ini membuat rekor kemenangan 100 persen Spanyol pada kualifikasi Piala Eropa grup F terhenti. Meski demikian, La Furia Roja tetap menempati peringkat pertama dengan 19 poin.

Spanyol tampil agresif sejak menit awal. Meski mampu mengurung pertahanan lawan di 15 menit pertama, Spanyol masih kesulitan melesakkan tendangan ke arah gawang. Norwegia juga mampu menyulitkan pertahanan Spanyol. Menit 21 sundulan Joshua King menyambut umpan silang Elabdellaoui masih mudah ditangkap kiper Kepa.

Di menit ke-30, situasi kemelut berbahaya di depan gawang Spanyol dari sundulan Even Hovland. Sayangnya King telat merespons bola liar sehingga peluang itu gagal karena bola bisa dibuang jauh-jauh oleh bek Spanyol.

Peluang emas Norwegia terjadi di menit 38 ketika Elabdellaoui yang menerima umpan panjang dari rekan-rekannya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Kepa. Sial, sepakannya masih pelan sehingga mudah ditangkap kiper Chelsea tersebut.

Dua menit menjelang bubaran, Norwegia menggempur hebat pertahanan Spanyol. Melalui Ødegaard hingga Ajer peluang dihasilkan. Beruntung, masih masih belum ada gol yang terjadi ke gawang Spanyol hingga wasit meniup peluit panjang.

Di babak kedua, Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan. Alhasil baru dua menit permainan, Spanyol membuka keunggulan melalui gol Saul Niguez usai menerima umpan matang Sergio Busquets. Unggul 1-0, Spanyol makin solid melakukan serangan meski tidak membuat peluang. 

Norwegia yang tertekan tidak bisa berbuat banyak. Menit ke-63, Norwegia menambah daya gedor dengan menarik pemain sayap Johansen untuk digantikan striker Alexander Sørloth.

Spanyol mendapatkan peluang matang di menit ke-67 melalui tembakan luar kotak penalti Fabian Ruiz. Hanya saja, tembakan tersebut masih gagal menjebol gawang Norwegia karena bola masih melambung.

Di menit ke-71 Henriksen memiliki peluang emas di depan gawang Kepa. Tetapi sepakan volinya masih membentur Saul sehingga bola melambung tinggi.

Enam menit kemudian, peluang emas kembali dihadirkan tuan rumah. Berawal dari salah umpan Ramos. Henriksen langsung mengirimkan umpan kepada King yang bergerak liar menuju ke kotak penalti. Sayang, tembakan King masih melambung tinggi di atas mistar.

King kembali lolos ke kotak penalti dua menit kemudian. Tetapi serangan yang dia lakukan berhenti saat Ramos menghalau bola dengan tangan. Akan tetapi, wasit memutuskan jika laga tetap lanjut sehingga King nampak memprotes keputusan wasit.

Petaka buat Spanyol terjadi di masa injury time atau di menit 92 saat Kepa melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. King pun sukses menjadi eksekutor untuk menyamakan kedudukan.

Susunan Pemain
Norwegia: Jarstein; Elabdellaoui, Nordtveit, Ajer, Aleesami; Berge, Ødegaard, Henriksen, Selnæs, Johansen; King

Spanyol: Kepa; Jesús Navas, Ramos, Albiol, Bernat, Busquets, Saúl; Fabián Ruiz, Ceballos, Rodrigo, Mikel Oyarzabal



Sumber: Goal