Menang, Belanda dan Jerman Pimpin Grup C

Menang, Belanda dan Jerman Pimpin Grup C
Pemain Belanda, Georginio Wijnaldum menyundul bola dan menghasilkan gol untuk timnya saat tandang ke Belarus dalam kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu, 13 Oktober 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Senin, 14 Oktober 2019 | 07:34 WIB

Minsk, Beritasatu.com - Belanda dan Jerman masih memimpin klasemen Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 setelah kedua tim meraih kemenangan dalam laga Minggu (13/10/2019) atau Senin dini hari WIB.

Di Stadion Dinamo, Minsk, meski berstatus tim tamu, Belanda mampu menundukan tuan rumah Belarus, 2-1. Kedua gol yang membawa Belanda meraih tiga poin diborong Georginio Wijnaldum.

Pada menit ke-32, pemain sayap Liverpool ini menjebol gawang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan Quincy Promes. Sementara pada menit ke-41, Wijnaldum menjebol gawang Belarus untuk kedua kalinya setelah mendapat sodoran dari Steven Bergwijn.

Tuan rumah bisa mencetak gol balasan pada menit ke-54 yang dilesakkan Stanislav Dragun. Namun waktu tersisa ternyata tak cukup bagi Belarus untuk mencetak gol yang bisa menyamakan kedudukan.

Belarus harus bermain keras untuk menghentikan gerakan pasukan Belanda yang memang tampil dominan. Wasit harus mengeluarkan lima kartu kuning untuk tim tuan rumah yakni untuk Ivan Bakhar, Igor Stasevich, Aleksandr Martynovich, Evgeniy Yablonski, dan Nikita Naumov.

Para pemain Jerman merayakan gol yang dilesakkan Ilkay Gundogan ke gawang Estonia.

Jerman juga memetik kemenangan dalam laga tandang. Tampil di Stadion A Le Coq Arena, Tallin, Jerman memetik kemenangan telak 3-0.

Squad asuhan Joachim Loew ini sebenarnya mengawali pertandingan dengan buruk. Tim Panser harus kehilangan gelandang Emre Can saat laga baru berjalan 14 menit.

Pemain yang kini membela Juventus ini mendapat kartu merah langsung lantaran mengganjal pemain sayap Frank Liivak. Emre terpaksa melakukan pelanggaran ini untuk mencegah Livak mencetak gol.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, Jerman bangkit setelah jeda. Ilkay Gundogan menghasilkan dua gol hanya dalam selang waktu enam menit.

Gelandang Manchester City ini mencetak gol pertama untuk timnya pada menit ke-51 memanfaatkan umpan Kai Haverts. Dia menggandakan keunggulan Jerman pada menit ke-57 setelah memaksimalkan sodoran dari Marco Reus.

Jerman kian sulit diimbangi oleh pasukan Karel Voolaid setelah Timo Werner mencetak gol yang membuat tim tamu unggul 3-0 pada menit ke-71. Werner menjebol gawang Estonio setelah mendapat umpan dari Gundogan.

Kini Belanda dan Jerman masih memimpin Grup C karena sama-sama telah meraih 15 poin. Namun Belanda berhak berada di posisi pertama karena unggul head to head atas Jerman.

Irlandia Utara berada di posisi ketiga dengan koleksi 12 poin. Belarus dan Estonia berada di posisi keempat dan kelima masing-masing dengan raihan empat dan satu poin.



Sumber: UEFA