Inilah Para Pemain Muda Penerus Kedigdayaan Barcelona

Inilah Para Pemain Muda Penerus Kedigdayaan Barcelona
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong (kanan) dan pemain tengah Villarreal Santi Cazorla dalam pertandingan La Liga di Camp Nou. ( Foto: AFP )
Alexander Madji / AMA Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:58 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Barcelona sudah mempersiapkan generasi emas berikutnya, setelah generasi Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets berakhir.

Dua nama saat ini yang saat ini sinarnya sangat terang di lini tengah adalah Frenkie de Jong dan Arthur Melo. Kedua pemain ini masih bermain bersama dengan Sergio Busquets.

Sebelumnya, Barcelona terkenal dengan gelandang-gelandang hebat seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Ketika dua pemain itu pergi, datang Arthur Melo sebagai penerus Iniesta yang dua musim lalu hengkang ke Jepang. Arthur pun menjelma sebagai seorang pemberi umpan baru di Barcelona.

Di posisi gelandang bertahan, pada musim panas 2019, Azulgrana merekrut pemain internasional Belanda, Frenkie de Jong. Pemain Timnas Belanda ini langsung mendapat tempat utama dan tidak butuh waktu panjang untuk beradaptasi. Bahkan, ia menyingkirkan posisi Sergio Busquets yang selama bertahun-tahun tidak tergantikan sebagai gelandang jangkar.

Selain dua pemain itu, Barcelona juga masih punya pemain-pemain muda seperti Ousmane Dembele di lini depan. Ia beberapa kali dipasang bersamaan dengan Lionel Messi dan Luis Suarez. Hanya saja,  pemain ini rentan terhadap cedera.

Untuk mempersiapkan pengganti Suarez atau Messi, Barcelona membeli Antoine Griezmann. Hanya saja, pemain internasional Prancis itu belum terlalu klop dengan Messi dan Suarez.

Untuk melapis Messi dan Suarez, Barcelona juga sudah punya dua nama pemain belia dari akademi La Masia, yaitu Ansu Fati dan Carles Perez. Dua pemain ini beberapa kali diturunkan pelatih Ernesto Valverde. Bahkan Fati sudah dinobatkan sebagai pemain termuda sepanjang sejarah klub dan pencetak gol termuda Barcelona di ajang Liga Champions.

Sementara di lini belakang, Barcelona masih punya dua pemain veteran yaitu Gerard Pique dan Jordi Alba. Namun, masa aktif pemain-pemain ini diperkirakan tidak akan lama lagi. Untuk itu, pihak manajemen sudah menyiapkan Nelson Semedo dan Clement Lenglet. Di posisi bek tengah, Barcelona masih punya Samuel Umtiti yang jarang dimainkan dalam satu setengah musim terakhir.

Dengan koleksi pemain-pemain muda yang cukup mumpuni itu, manajemen Barcelona, sebagaimana ditulis Marca.com, optimistis kehebatan klub itu akan terus terjadi setelah generasi emas yang diperkuat Messi, Suarez, Busquets, Pique, dan Alba berakhir.



Sumber: Suara Pembaruan