Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia Menyerah 1-3 dari Vietnam

Timnas Indonesia Menyerah 1-3 dari Vietnam
Pemain Vietnam Nguyen Tien Linh (kanan) melesakkan tendangan dikawal bek Indonesia Putu Gede di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. ( Foto: SONNY TUMBELAKA / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Selasa, 15 Oktober 2019 | 20:21 WIB

Bali, Beritasatu.com – Tim Nasional Indonesia kembali tidak berdaya di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Garuda harus menelan kekalahan telak 1-3 dari Vietnam pada pertandingan keempat kualifikasi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (15/10/2019) malam WIB.

Ini menjadi kekalahan keempat secara beruntun Indonesia di kualifikasi. Pada laga pertama Indonesia dikalahkan Malaysia 2-3, lalu kalah 0-3 dari Thailand dan kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Kekalahan ini tidak hanya mengubur impian main di Piala Dunia 2022 tetapi juga tampil di Piala Asia 2023.

Tiga gol Vietnam yang bersarang ke gawang Indonesia masing-masing dicetak Do Duy Mạnh di menit 26, Que Ngọc Hai di menit 55 (pen), dan Nguyen Tien Linh di menit 61. Satu gol Indonesia dicetak Irfan Bachdim di menit

Babak pertama berlangsung dalam tempo sedang. Vietnam menekan pertahanan Indonesia, Nguyen Quang Hay mendapatkan dua peluang dari tendangan bebas dan tembakan jarak jauh. Namun, bola yang dia lepaskan masih melambung tinggi di atas mistar.

Beberapa kali upaya Indonesia untuk masuk ke area pertahanan Vietnam selalu kandas karena kesalahan umpan.

Vietnam membuka keunggulan di menit 25. Berawal dari tendangan sudut yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Do Duy Manh. Tiga menit kemudian, peluang emas didapatkan Van Toan di depan gawang usai menerima sodoran Quang Hai. Namun, sepakan pemain depan Vietnam itu masih melambung tinggi di atas mistar.

Indonesia nyaris menyamakan skor ketika sepakan I Putu Gede yang menerima tendangan sudut masih melambung tinggi di atas mistar gawang Vietnam.

Di babak kedua, tekanan Vietnam berlanjut. Penalti diberikan wasit kepada Vietnam di menit 53 setelah Yanto Basna melakukan pelanggaran kepada Do Hung Dung.

Eksekusi yang kemudian dilakukan oleh kaptenNgoc Hai melesak mulus ke gawang M Ridho. Indonesia ketinggalan dua gol di kandang sendiri.

Vietnam makin percaya diri. Sedangkan pemain Indonesia seakan buntu dan kehabisan stamina. Di menit ke-61 Vietnam memperbesar keunggulan melalui gol Nguyen Tien Linh yang lolos dari jebakan offside.

Lilipaly mendapatkan peluang emas di depan gawang Vietnam di menit ke-70. Namun, tembakan keras yang dia lakukan masih mendapatkan blok dari pemain Vietnam.

Kebuntuan Indonesia berakhir setelah pemain pengganti Irfan Bachdim mencetak gol di menit 84. Gol dicetak pemain Bali United itu memanfatkan umpan Riko Simanjuntak. Di masa injury time, Vietnam nyaris memperbesar keunggulan setelah mendapat hadiah penalti setelah Otavio Dutra melakukan pelanggaran. Beruntung, kiper Muhammad Ridho berhasil menggagalkan penalti.

Skor 3-1 untuk keunggulan Vietnam bertahan sampai laga berakhir.

Susunan Pemain
Indonesia: Muhammad Ridho, Putu Gede, Otavio Dutra, Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Evan Dimas, Bayu Pradana, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Alberto Goncalves.

Vietnam: Van Lam, Duy Manh, Ngoc Hai, Tien Dung, Van Hau, Trong Hoang, Hung Dung, Van Toan, Duc Huy, Tien Linh, Quang Hai.



Sumber: BeritaSatu.com