Intip Perjuangan Pesepakbola Muda Indonesia Lewat Garuda Select - The Series

Intip Perjuangan Pesepakbola Muda Indonesia Lewat Garuda Select - The Series
Pemain Garuda Select angkatan pertama Braif Fatari (kiri), Bagus Kahfi (kedua kiri) dan Brylian Aldama Para (kanan) disela acara Konferensi Pers Mola TV dan Screening Film Dokumenter Garuda Select  The Series di Jakarta, Senin (28/10/2019). (Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono)
Indah Handayani / JAS Senin, 28 Oktober 2019 | 22:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak enam pesepakbola muda Indonesia, Andre Oktaviansyah, Bagus Kahfi , Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana , Fajar Fathurrahman, telah dipilih Dennis Wise, mantan pemain Timnas Inggris yang juga mantan kapten Chelsea sebagai Technical Director dan Des Walker, bergabung dalam tim Garuda Select.

Tim ini dibina dan masuk pemusatan latihan di Inggris dan Italia. Mereka dijadwalkan bertanding melawan tim-tim lokal di kedua negara tersebut untuk mengasah jam terbang dan pengalaman.

Bagus Kahfi, pemain Garuda Select yang sedang menjalani kamp latihan bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia, mengatakan sebagai pemain muda, program Garuda Select sangat berarti untuk membuka jalan karier profesionalnya.

Dengan program latihan yang intensif baik secara fisik maupun teknik sangat membantu perkembangan saya sebagai pesepakbola. Kesempatan untuk bermain di luar negeri secara regular menghadapi klub-klub elite di Inggris, serta merasakan langsung atmosfer bertanding di Eropa, turut membantu mengangkat mental bertandingnya.

"Selain itu, tiada yang lebih membanggakan bagi saya karena dapat membela Tim Nasional Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di ajang international," ungkapnya di Jakarta, Senin (28/10).

Perwakilan dari Mola TV Mirwan Suwarso mengatakan perjuangan para pesepakbola muda ini dijadikan program serial dokumenter eksklusif Mola TV dalam judul Garuda Select - The Series. Program tersebut mengikuti cerita kehidupan para pemain tim Garuda Select selama mereka berada di Eropa.

Direkrut dari seluruh pelosok Indonesia untuk lalu mengikuti program akselerasi pengembangan pemain muda yang diselenggarakan di Inggris dan Italia, para pemain Garuda Select dipilih langsung oleh Dennis Wise, mantan pemain Timnas Inggris yang juga mantan kapten Chelsea sebagai Technical Director dan Des Walker.

"Wise juga merupakan mantan pemain Timnas Inggris yang pernah mengikuti ajang Piala Dunia 1990 yang turut bergabung menjadi head coach," paparnya.

Menurut Mirwan, Garuda Select melakukan pemusatan latihan di Inggris dan Italia. Mereka dijadwalkan bertanding melawan tim-tim lokal di kedua negara tersebut untuk mengasah jam terbang dan pengalaman. Penayangan serial dokumenter Garuda Select - The Series diharapkan dapat memacu semangat para pemain muda di Tanah Air untuk lalu meningkatkan prestasinya masing masing, karena kini sudah semakin terbuka jalurnya untuk bisa berkarir di dunia sepakbola.

Lebih lanjut Mirwan menjelaskan dalam menggarap program Garuda Select bersama PSSI, pihaknya ingin memberikan dua hal, membentuk sebuah program akselerasi pembinaan jangka panjang yang berstandar dunia, dan membuka jalur bagi para pemain muda Indonesia untuk semakin mudah dilihat oleh klub klub dunia sehingga memperbesar peluang untuk semakin meningkatkan kesejahteraan mereka. Program ini bahkan telah memasuki musim kedua.

"Sebelumnya, program Garuda Select angkatan pertama terbukti diminati oleh pemirsa melalui angka hasil streaming yang luar biasa, baik Live Match ataupun liputan dokumenter mingguannya. Terbukti untuk siaran Live Match berhasil meraih hingga 4,7 juta penonton, sedangkan untuk dokumenter berhasil meraih hingga 70 juta penonton," paparnya.

Musim lalu, lanjut Mirwan, kisah perjalanan kelompok pertama diceritakan dalam 18 episode, mengikuti para pemain dari pertama kali mereka menginjak tanah Inggris, hingga ke pertandingan melawan tim akademi Chelsea U17 di episode terakhir. Pada musim kedua ini akan diwarnai dengan wajah wajah baru yang lebih muda (kelahiran 2003).

Sesuai dengan konsep program Garuda Select, memang tujuan Dennis Wise dan tim pelatih bukan untuk melatih pemain pemain terbaik di saat ini, namun lebih ke mencari pemain pemain yang dinilai memiliki potensi terbaik untuk berkembang, dan lalu dibina oleh mereka di Eropa.



Sumber: Investor Daily