PSSI Ingin Fakhri Tetap Tangani Timnas U-19

PSSI Ingin Fakhri Tetap Tangani Timnas U-19
Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini meluapkan kegembiraan susai pertandingan melawan timnas Korea Utara U-19 pada laga lanjutan babak kualifikasi Grup K Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (10/11/2019). Tim nasional Indonesia U-19 memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah bermain imbang 1-1 dengan Korea Utara di laga terakhir Grup K Kualifikasi kejuaraan tersebut. ( Foto: ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A )
Hendro D Situmorang / JAS Senin, 11 November 2019 | 08:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule bakal menentukan kelanjutan pelatih tim nasional (timnas) U-19.

Ia mempertimbangkan untuk memperpanjang kontrak Fakhri Husaini yang sukses meloloskan Garuda Muda ke Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 2020 mendatang setelah menutup laga pemungkas Grup K melawan Korea Utara dengan hasil imbang 1-1.

Kontrak Fakhri sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia memang berakhir setelah kualifikasi Piala AFC U-19 2020 usai.
Di samping itu, sang pelatih juga membawa pasukannya lolos kualifikasi dengan meraih gelar juara Grup K setelah menang dua kali dan satu kali seri.

"Kinerja Fakhri sebagai pelatih Timnas U-19 sangat baik. Kami akan menggelar rapat dengan tim untuk mengambil langkah apa yang bisa kami lakukan nanti, termasuk menjelang persiapan Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021 mendatang," ujar Iwan usai menyaksikan laga antara Timnas U-19 Indonesia melawan Korea Utara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (10/11/2019) malam.

Ia kagum dan bersyukur timnas U-19 masuk Piala Asia dengan langkah cukup mulus setelah menang dua kali dan sekali seri. Garuda Muda telah berhasil memberikan contoh kepada masyarakat luas khususnya semua insan sepakbola bertanding dengan mental baja. Ia berharap hal ini bisa terus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Fakhri Husaini sendiri pamit usai membawa Bagus Kahfi dan kawan-kawan lolos ke Piala AFC U-19 2020. Dikatakan tugasnya sebagi pelatih telah selesai dengan berakhirnya kualifikasi ini. Ia juga berpesan kepada anak didiknya untuk tetap menunjukkan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Apalagi Bagus Kahfi dan kawan-kawan akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Saya berpesan agar Garuda Muda tak lupa mengevaluasi diri dan terus berbenah. Siapa pun pelatihnya nanti di Piala Asia atau Piala Dunia (U-20 2021), mereka harus tampil jauh lebih hebat dari yang mereka perlihatkan sekarang ini," ujar Fakhri

Adapun, mengenai calon penggantinya nanti, Fakhri berpesan agar sosok yang menukangi Timnas U-19 adalah pelatih lokal. Menurutnya tak ada pelatih di dunia ini yang lebih layak dan kenal anak Indonesia. Diakui pelatih asing jangan merasa lebih baik dari pelatih lokal.

Sementara itu, pencetak gol penyama kedudukan melalui tendangan penalti, Bagus Kahfi mengaku senang jika kontrak Fakhri dapat diperpanjang. Sebab, menurut Bagus, para pemain telah saling kenal satu sama lain dengan Fakhri.

"Saya ingin coach Fakhri tetap melatih karena sudah lama juga coach Fakhri tangani tim. Saya juga suudah kenal. Saya mau Fakhri yang tangani," tutup Bagus.



Sumber: Suara Pembaruan