Bantai Montenegro, Inggris Amankan Tiket ke Piala Eropa 2020

Bantai Montenegro, Inggris Amankan Tiket ke Piala Eropa 2020
Selebrasi striker Harry Kane usai menjebol gawang Montenegro di kualifikasi grup Piala Eropa 2020 di Wembley, Jumat, 15 November 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 15 November 2019 | 07:12 WIB

London, Beritasatu.com - Tim Nasional Inggris mengamankan satu tempat di putaran final Piala Eropa 2020 setelah membantai Montenegro 7-0 dalam lanjutan kualifikasi Grup A di Stadion Wembley, Jumat (15/11/2019) dini hari WIB. Striker Harry Kane menjadi bintang kemenangan Inggris dengan mencetak hat-trick. Sisanya disumbangkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Marcus Rashford, Tammy Abraham, dan bunuh diri Aleksandar Sofranac.

Inggris sukses membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-10. Sebuah umpan dari Ben Chilwell berhasi dikontrol dengan baik oleh Alex Oxlade-Chamberlain sebelum melesatkan sepakan akurat yang menghujam gawang Milan Mijatovic.

Keunggulan Inggris bertambah delapan menit berselang. Dari skema sepakana bebas, umpan Chilwell berhasil disempurnakan Harry Kane dari jarak dekat.

The Three Lions semakin di atas angin setelah Kane mencetak sukses gol keduanya memanfaatkan bola silang Chilwell ke tiang dekat. Tanpa kesulitan bintang Tottenham Hotspur memakasa Mijatovic memungut bola ketiga kali dari gawangnya di menit ke-24.

Publik Wembley kembali berpesta saat laga berjalan genap setengah jam. Adalah Marcus Rashford yang kali ini mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan bola liar hasil tepisan tidak sempurna dari Mijatovic.

Kane berhasil mencatatkan hat-trick setelah sepakannya dari jarak dekat gagal dihadang Mijatovic pada menit ke-37.

Montenegro balik melakukan ancaman, Vladimir Jovovic memberikan umpan matan kepada Fatos Beqiraj, namun sepakan kaki kananya mampu diamankan dengan baik oleh Jordan Pickford. Hingga jeda pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Mason Mount berhasil menambah keunggulan Inggris memanfaatkan bola liar hasil sepakan Kane , namun gol tersebut dianulir wasit karena lebih dulu berada dalam posisi offside.

Inggris menggenapi jumlah gol menjad isetengah lusin pada menit ke-66 melalui gol bunuh diri yang dibuat bek Montenegro, Aleksandar Sofranac.

Beberapa pergantian pemain yang dilakukan Gareth Southgate memberikan pengaruh terhadap irama permainan Inggris yang harus dibangun ulang sejak turun minum. Permainan mereka tak lagi seagresif babak pertama.

Tammy Abraham akhirnya menutup pesta gol Inggris melalui sepakan dari tiang dekat yang gagal diamankan Mijatovic. Gol ini juga sekaligus menjadi yang pertama bagi striker Chelsea itu saat mengenakan seragam timnas Inggris.

Hasil ini membuat Inggris mengoleks 18 poin dari tujuh kali main, terpaut tiga angka dari Republik Ceko yang menguntit di peringkat kedua. Sementara Montenegro harus mengakhiri petualangan mereka dengan tertahan di posisi keempat usai hanya mampu mengumpulkan tiga poin dari delapan laga.

Susunan pemain:

Inggris  Jordan Pickford; Trent Alexander-Arnold, Harry Maguire, John Stones, Ben Chilwell; Alex Oxlade-Chamberlain, Harry Winks, Mason Mount; Jadon Sancho, Harry Kane, Marcus Rashford.

Montenegro: Milan Mijatovic; Marko Vesovic, Aleksandar Sofranac, Marko Simic, Risto Radunovic; Deni Hocko, Dusan Lagator, Nikola Vukcevic; Vladimir Jovovic, Sead Haksabanovic; Fatos Beqiraj.



Sumber: Goal