Louis Van Gaal Pelatih Baru Belanda Hingga Piala Dunia 2014

Louis Van Gaal Pelatih Baru Belanda Hingga Piala Dunia 2014
Louis van Gaal. (AFP)
Sabtu, 7 Juli 2012 | 03:40 WIB

Menggantikan Bert van Marwijk yang gagal memberi satu kemenangan pun bagi Belanda di Euro 2012.

Louis van Gaal, yang pernah sukses bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, dan Bayern Munchen ditunjuk sebagai pelatih baru Tim Nasional Belanda, menggantikan Bert van Marwijk yang mengundurkan diri setelah kegagalan memalukan di Piala Eropa 2012.

"Federasi sepak bola kerajaan Belanda (KNVB) petang ini menyepakati perjanjian dengan Louis van Gaal atas penunjukannya sebagai pelatih kesebelasan Belanda," kata KNVB dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

"Van Gaal telah menandatangani kontrak yang akan mengikat dia dari 1 Agustus mendatang hingga akhir Piala Dunia 2014," bunyi pernytaan itu lebih lanjut. Penunjukan itu mengakhiri spekulasi yang berawal dari pengunduran diri Marwijk pada 27 Juni silam setelah tim yang dia bangun gagal meraih satu kemenangan pun di babak penyisihan Piala Eropa Polandia - Ukraina.

Van Gaal (60) dikenal dengan pengalamannya sebagai pemain dan pelatih suskses di Ajax dengan kemenangan atas tiga gelar domestik dari tahun 1994 hingga 1996. Meski demikian ia sempat membuat blunder besar ketika gagal membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang.

Sebelumnya Mei silam Van Gaal diisukan akan menangani Liverpool setelah klub Inggris itu memecat pelatih Kenny Dalglish.