Berebut Jalan Menjadi Juara Grup di Turin

Berebut Jalan Menjadi Juara Grup di Turin
Juventus vs Atletico Madrid ( Foto: Istimewa )
Jaja Suteja / JAS Selasa, 26 November 2019 | 08:42 WIB

Turin, Beritasatu.com – Juventus memang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Namun partai matchday kelima Liga Champions, antara Juventus menjamu Atletico Madrid, Selasa (26/11/2019) atau Rabu dini hari mulai pukul 03.00 WIB diperkirakan bakal tetap berlangsung seru.

Pasalnya, dua tim ini sama-sama memiliki motivasi untuk menang. Juventus ingin menang agar bisa memastikan bahwa mereka adalah juara Grup D. Sementara Atletico juga memiliki keinginan untuk memetik tiga poin demi membuka jalan untuk menjadi yang terbaik di grup yang juga terdiri atas Bayer Leverkusen dan Lokomotiv Moscow ini.

Atletico bakal memastikan tiket ke babak sistem gugur jika mampu mengalahkan tuan rumah dalam laga kali ini. Dan berpeluang menjadi juara grup jika menang dalam partai ini dan dalam laga terakhir penyisihan nanti mampu menang dan Juve kalah.

Pelatih Juventus Maurizio Sarri memberikan waktu kepada Cristiano Ronaldo untuk beristirahat dalam laga akhir pekan lalu di Serie. Ini agar bintang asal Portugal ini dalam kondisi benar-benar bugar saat melawan Atletico Madrid.

Hubungan keduanya dikabarkan memanas akhir-akhir ini karena Sarri menggantikannya di tengah laga. Dalam pertandingan laga akhir pekan lalu dia bahkan tak menurunkan mantan bintang Manchester United ini.

Sarri mengajukan alasan bahwa Ronaldo diganti karena masalah pada lututnya. Namun pemain berusia 34 tahun itu membantah pernyataan pelatihnya.

Hubungan Sarri-Ronaldo pun menjadi materi yang ditanyakan wartawan jelang pertemuan melawan Atletico. Sang pelatih pun meyakinkan hubungannya dengan Ronaldo baik-baik saja.

“Jika seorang pemain marah karena digantikan ini justru hal positif,” kata pelatih yang ditunjuk menggantikan Massimiliano Allegri ini.

Setelah terlihat marah saat Juventus menang 1-0 atas Milan sebelum jeda internasional, Ronaldo kemudian mencetak tiga gol untuk Portugal.

Sarri menepis anggapan media yang menyebut ada masalah antara dia dan Ronaldo.

“Saya tak tahu apa yang beredar di media di Turin. Belum lagi di Spanyol,” ungkapnya. "Hubungan saya dengan pemain baik-baik saja, Jika pemain marah karena digantikan itu hal positif. Apalagi ini terjadi pada pemain yang sudah mendapatkan segalanya. Ini menunjukkan dia masih memiliki motivasi yang tinggi,” paparnya.

“Seperti saya selalu katakan sepanjang 25 tahun. Saya paham mengapa seorang peman marah jika digantikan. Namun itu tak menjadikan saya panas atau dingin,” imbuh Sarri.

Federico Bernardeschi mengalami cedera dan terpaksa ditarik keluar saat menang 3-1 atas Atalanta, Sabtu lalu. dalam kompetisi domestik. Mantan pemain Fiorentina ini tidak mungkin dimainkan pada matchday kelima di Liga Champions ini.

Sarri berharap Alex Sandro fit setelah bek kiri asal Brasil ini absen saat melawan Atalanta karena cedera.

Sementara itu Juan Cuadrado bisa dimainkan setelah menjalani hukuman tak boleh tampil di ajang Eropa.

Aaron Ramsey atau Rodrigo Bentancur akan menggantikan posisi Bernardeschi di jajaran 11 pemain yang diturunkan sejak awal dalam laga hari Selasa ini. Sementara Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain harus bersaing untuk memperebutkan tempat mendampingi Ronaldo sebagai striker.

Blaise Matuidi menjadi pemain cadangan yang tak diturunkan dalam partai Sabtu lalu. Dia kemungkinan besar akan kembali memperkuat di barisan gelandang kali ini. Dia akan absen membela Juventus pada pertandingan terakhir babak penyisihan Liga Champions, jika mendapat kartu kuning melawan tim Spanyol ini.

Di kubu Atletico, Thomas Partey dan Saul Niguez akan kembali memperkuat Atletico setelah absen saat bermain imbang 1-1 melawan Granada Sabtu lalu. Saat itu mereka tak bisa turun karena akumulasi kartu.

Felipe dan Mario Hermoso akan kembali menjaga jantung pertahanan karena Jose Gimenez tak bisa pulih dari cedera saat tim melawat ke Turin.

Joao Felix telah pulih dari cedera pada laga akhir pekan lalu setelah absen dalam enam pertandingan. Diego Simeone akan memaksanya turun melawan Juventus demi memetik hasil positif di Stadion Allianz.

Kieran Trippier menjadi biang terjadi gol ke gawang Atletico saat melawan Granada akhir pekan lalu. Posisinya sebagai bek kanan terancam bakal digantikan oleh Santiago Arias.

Meski Juventus kemungkinan bakal banyak menurunkan pemain lapis kedua, pasukan Serri tentunya bukan tim yang mudah ditaklukkan. Atletico harus bekerja ekstrakeras untuk bisa memetik hasil positif di Turin.

Atletico sebenarnya berpeluang besar menjadi juara grup jika dalam laga terakhir di Liga Champions tidak memetik hasil mengejutkan, kalah 1-2 saat tandang ke Bayer Leverkusen.

Lini pertahanan klub Kota Madrid ini memang tengah rapuh akhir-akhir ini. Mereka selalu kebobolan dalam lima laga terakhir. Ini statistik yang aneh bagi pasukan Simeone yang biasanya memiliki pertahanan nan kokoh sekuat batu karang.

Juventus sendiri memiliki rekor bagus jika bermain di kandang pada ajang Liga Champions. Mereka tak pernah kalah saat berlaga di Stadion Allianz dalam kejuaraan apapun musim ini. Mereka bahkan mampu memetik delapan kemenangan di kandang musim ini. Sementara Atletico memetik hasil seri empat kali dalam lima pertarungan terakhir di markas lawan.

Kemungkinan Susunan Pemain
Juventus (4-3-1-2)
K: Wojciech Szczesny
B: Danilo, Leonardo Bonucci, Meril Demiral, Mattia De Sciglio
T: Sami Khedira, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi
D: Aaron Ramsey
D: Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Maurizio Sarri

Atletico Madrid (4-4-2)
K: Jan Oblak
B: Kieran Trippier, Luis Felipe, Mario Hermoso, Renan Lodi
T: Joao Félix, Saul Niguez, Thomas Partey, Koke
D: Alvaro Morata, Angel Correa
Pelatih: Diego Simeone

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
31/10/19 Serie A Juventus 2-1 Genoa
03/11/19 Serie A Torino 0-1 Juventus
07/11/19 Liga Champions Lokomotiv Moskwa 1-2 Juventus
11/11/19 Serie A Juventus 1-0 Milan
23/11/19 Serie A Atalanta 1-3 Juventus

Lima Pertandingan Terakhir Atletico Madrid
30/10/19 La Liga Deportivo Alaves 1-1 Atletico Madrid
03/11/19 La Liga Sevilla 1-1 Atletico Madrid
07/11/19 Liga Champions Bayer Leverkusen 2-1 Atletico Madrid
10/11/19 La Liga Atletico Madrid 3-1 Espanyol
24/11/19 La Liga Granada 1-1 Atletico Madrid



Sumber: Sportinglife, UEFA