SEA Games 2019

Gilas Laos, Indonesia Lolos ke Semifinal

Gilas Laos, Indonesia Lolos ke Semifinal
Pemain Timnas Indonesia U-22 Osvaldo Haay (kedua kanan) bersama rekan-rekannya melakukan selebrasi. ( Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 5 Desember 2019 | 16:58 WIB

Manila, Beritasatu.com – Tim Nasional Indonesia akhirnya memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Kemenangan 4-0 atas Laos di laga terakhir grup yang digelar di Stadion Imus, Filipina, Kamis (5/12/2019) memastikan Indonesia finis sebagai runner up Grup B dengan 12 poin. Kemenangan Indonesia atas Laos ditentukan melalui gol Saddil Ramdani, dua gol Osvaldo Haay dan tendangan penalti Bagas Adi Nugroho.

Dengan ini maka di semifinal Indonesia akan menghadapi juara Grup A Myanmar. Sementara itu, Vietnam menjadi juara Grup B dan juga lolos ke semifinal setelah menahan imbang Thailand 2-2

Pertandingan babak pertama berjalan dalam tempo sedang. Indonesia membuka keunggulan cepat ketika pertandingan baru berjalan empat menit lewat Saddil Ramdani.

Setelah itu tidak mudah untuk pemain Indonesia memasuki area penalti Laos yang solid. Pertahanan berlapis Laos menyulitkan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan membuat peluang.

Laos sendiri mampu memberikan perlawanan dengan beberapa kali menekan pertahanan Indonesia. Diantaranya tendangan bebas Soukaphone Vongchiengkham di menit 38 dari tengah lapangan di luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Nadeo.

Satu menit berselang, Saddil Ramdani melakukan terobosan sampai area kiri kotak penalti Laos. Dikawal dua pemain Laos, tendangan Saddil yang masih lemah dari sudut sempit masih bisa ditangkap kiper.

Sampai babak pertama berakhir, Indonesia unggul 1-0.

Di babak kedua, tidak ada perubahan tempo permainan yang berjalan sedang. Namun dua menit pertandingan babak kedua dimainkan, Indonesia kembali mengejutkan dengan gol cepat. Kali ini gol kedua dicetak Osvaldo Haay. Ini menjadi gol keenam Osvaldo di ajang SEA Games 2019.

Unggul dua gol, tekanan Indonesia lewat serangan balik yang cepat terus dilakukan. Sedangkan Laos terus berupaya menekan pertahanan Indonesia. Pada menit 65 pelatih Indra Sjafri menarik keluar Eggy Maulana Vikri dan memainkan Witan Sulaeman.

Enam menit berselang tepatnya menit 71 Indonesia mendapat hadiah penalti, Bagas Adi yang dipercaya menjadi eksekutor sempat gagal menceploskan bola. Namun kemudian eksekusi tersebut dianulir wasit dan harus diulang. Pada percobaan kedua, tendangan Bagas Adi kembali diblok kiper tetapi kembali keberuntungan diraih setelah bola muntah berhasil diteruskan Bagas menjadi gol.

Indonesia berhasil menambah satu gol di masa injury time lewat gol kedua Osvaldo Haay yang sekaligus menutup laga dengan kemenangan 4-0 .

Vietnam Lolos

Sementara itu di pertandingan lainnya, Vietnam berhasil menahan imbang Thailand 2-2. Nguyen Tien Linh menjadi bintang Vietnam di laga ini lewat dua gol yang dicetaknya.

Thailand yang tampil ngotot sempat unggul dua gol lebih dahulu melalui gol S Jaided di menit 5 dan S Mueanta di menit 12.

Tertinggal dua gol, Vietnam pantang menyerah. Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan melalui gol Nguyen Tien Linh di menit 15. Kerja keras Vietnam berbuah hasil setelah Tienh Linh mencetak gol kedua untuk menjadikan skor imbang 2-2 di menit 72. 

Skor 2-2 bertahan sampai laga berakhir. Selanjutnya di semifinal, Vietnam akan menghadapi runner up Grup A, Kamboja.



Sumber: BeritaSatu.com