Tundukkan Chelsea, Everton Menjauh dari Zona Degradasi

Tundukkan Chelsea, Everton Menjauh dari Zona Degradasi
Striker Everton, Dominic Calvert-Lewin (kanan) melepaskan tendangan yang menghasilkan gol ketiga timnya saat menjamu Chelsea, di Stadion Goodison Park, Sabtu 7 Desember 2019. ( Foto: AFP )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 7 Desember 2019 | 21:27 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Everton berhasil menundukkan tim tamu Chelsea 3-1 pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park, Sabtu (7/12/2019). Gol yang membawa tuan rumah meraih tiga poin dilesakkan Richarlison dan dua gol yang dicetak Dominic Calvert-Lewin. Sementara gol hiburan Chelsea dicetak Mateo Kovacic.

Chelsea sebenarnya mendominasi penguasaan bola namun cuma mampu mencetak satu gol. Sementara Everton bermain lebih efektif. Meski tak dominan dalam penguasaan bola, mereka menghasilkan tujuh tendangan ke gawang dan menghasilkan tiga gol.

Everton mengandalkan duet Richarlison dan Dominic Calvert-Lewin di barisan dengan. Sementara manajer Chelsea Frank Lampard menunjuk Tammy Abraham sebagai ujung tombak tunggal. Pemain muda ini ditopang Willian, Mason Mount, dan Christian Pulisic.

Di luar perkiraan, Everton ternyata mampu membuat gol cepat. Everton memimpin 1-0 saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gol yang membawa Everton memimpin dilesakkan Richarlison.

Gol berawal dari umpan silang yang dikirim Djibril Sidibe. Richarlison yang telah berada didepan gawang menyambutnya dengan sundulan. Tandukan penyerang asal Brasil itu tak mampu diantisipasi kiper Chelsea, Kepa Arizzabalaga.

Setelah kebobolan, Chelsea berusaha bangkit. Namun Everton justru yang kembali mendapat peluang. Sebuah kesempatan didapatkan pada menit ke-16 melalui aksi Dominic Calvert-Lewin. Memanfaatkann umpan langsung Theo Walcott, dia melepaskan kanan dari sisi kanan kotak penalti. Namun usahanya tak memuahkan gol lantaran bola berhasil diselamatkan kiper Chelsea.

Chelsea mendapat peluang pada menit ke-26 saat Reece James melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti. Mendapat umpan dari Mateo Kovacic, James menyambutnya dengan tendangan dari tengah kotak penalti. Namun bola hasil sepakannya menyamping.

The Blues kembali menekan pada menit ke-35 melalui aksi Tammy Abraham. Penyerang berusia 22 tahun itu memanfaatkan umpan N'Golo Kante namun tendangannya berhasil dihalau kiper.

Peluang juga didapatkan Everton melalui Theo Walcott. Dia menendang bola memanfaatkan sodoran Dominic Calvert-Lewin. Namun tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti bisa diblok.

Chelsea mendapat peluang terakhir pada babak pertama melalui Mason Mount. Dia memanfaatkan umpan dari Christian Pulisic dengan tendangan kaki kiri. Namun sepakan Mount berhasil diblok pemain Everton.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Everton tidak berubah.

Namun di awal babak kedua, keadaan berubah cepat. Everton berhasil menambah keunggulan. Namun tak berapa lama berhasil mempertipis ketinggalan.

Gol kedua tim asuhan Duncan Ferguson dilesakkan Dominic Calvert-Lewin. Namun Chelsea berhasil memperkecil ketinggalan melalui Mateo Kovacic.

Everton sempat unggul 2-0 pada menit ke-49 melalui aksi Dominic Calvert-Lewin. Dia menjebol gawang Kepa setelah mendapat umpan dari Dominic Calvert-Lewin menjebol gawang Chelsea dengan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Dia memanfaatkan dengan maksimal umpan Alex Iwobi.

Namun kedudukan 2-0 hanya bertahan tiga menit. Chelsea berhasil memperkecil ketinggalan melalui aksi Mateo Kovacic. Pemain asal Serbia ini menjebol gawang tuan rumah setelah melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Beberapa peluang didapatkan baik oleh Everton maupun Chelsea. Everton yang lebih beruntung karena menciptakan gol ketiga mereka pada menit ke-84 melalui aksi Dominic Calvert-Lewin. Dia membawa timnya memimpin 3-1 dengan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. 

Sampai babak kedua usai, tak ada tambahan gol tercipta. Everton pun menyabet kemenangan kelima musim ini di Premier League. The Toffees pun menjauh dari zona degradasi dengan menempati urutan ke-14 dengan koleksi 17 poin.

Sementara bagi Chelsea ini adalah kekalahan kelima di Premier League musim ini. Mereka masih menempati posisi kempat dengan raihan 29 poin.

Susunan pemain:

Everton (4-4-2): 1 Jordan Pickford; 19 Djibril Sidibe, 2 Mason Holgate, 5 Michael Keane, 12 Lucas Digne (3 Leighton Baines 82); 11 Theo Walcott (20 Bernard 86), 18 Morgan Schneiderlin, 10 Gylfi Sigurdsson, 17 Alex Iwobi; 7 Richarlison (26 Tom Davies 71), 9 Dominic Calvert-Lewin.

Pelatih: Duncan Ferguson

Chelsea (4-2-3-1): 1 Kepa Arrizabalaga; 24 Reece James (23 Michy Batshuayi 82), 4 Andreas Christensen, 15 Kurt Zouma, 28 César Azpilicueta; 7 N'Golo Kanté, 17 Mateo Kovacic; 10 Willian (20 Callum Hudson-Odoi 71), 19 Mason Mount, 22 Christian Pulisic, 9 Tammy Abraham.

Pelatih: Frank Lampard.



Sumber: Sportinglife