Hantam Bournemouth, Liverpool Mantap di Puncak Klasemen

Hantam Bournemouth, Liverpool Mantap di Puncak Klasemen
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, tengah beraksi saat melawan Bournemouth dalam laga Premier League, di Stadion Vitaly, Sabtu 7 November 2019. ( Foto: AFP )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 7 Desember 2019 | 23:37 WIB

Bournemouth, Beritasatu.com - Liverpool sukses memetik kemenangan 3-0 atas tuan rumah Bournemouth dalam laga lanjutan Premier League pekan ke-16 di Stadion Vitaly, Sabtu (7/12/2019). Tiga gol tim tamu dilesakkan Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, dan Mohamed Salah.

Ini merupakan kemenangan ke-15 yang diraih Liverpool dalam 16 laga yang sudah mereka mainkan musim ini di Premier League. Selain kian kokoh di puncak klasemen,The Reds sekaligus mempertahankan rekor belum terkalahkan musim ini di kompetisi elite Inggris.

Saat ini Liverpool telah mengoleksi 46 poin atau unggul 11 poin atas penghuni urutan kedua Leicester City. Leicester sendiri baru akan memainkan laga pekan ke-16 mereka pada Minggu (8/12/2019) dengan bertandang ke Aston Villa.

Sementara bagi Bournemouth, ini merupakan kekalahan kedelapan kalinya. Pasukan Eddie Howe masih tercecer di urutan ke-15 klasemen sementara Premier League.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, melakukan perubahan pada timnya. Sadio Mane yang biasanya menjadi salah satu andalan di lini depan kali ini duduk di bangku cadangan. Posisinya digantikan Alex Oxlade-Chamberlain. Dia menemani Mohamed Salah dan Roberto Firmino di barisan depan.

Sementara di kubu Bournemouth, Dominic Solanke dan Callum Wilson, menjadi andalan di barisan depan. Mereka ditopang Ryan Fraser, Jefferson Lerma, Philip Billing, dan Arnaut Groeneveld.

Liverpool mengawali ancaman mereka melalui aksi Mohamed Salah saat laga baru berjalan tujuh menit. Mendapat sodoran dari Joe Gomez, Salah menendang bola dengan kaki kanan namun berhasil diredam kiper lawan.

Bournemouth mencoba menekan pada menit ke-12. Nathan Ake mengalirkan bola kepada Callum Wilson yang telah berada di depan. Namun wasit meniup peluit tanda offside.

Meski bola lebih banyak dikuasai Liverpool, Bournemouth masih bisa melakukan tekanan. Mereka memiliki peluang pada menit ke-20 lewat Dominic Solanke.

Striker bernomor punggung 9 ini melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti setelah mendapat umpan dari Ryan Fraser. Namun bola hasil sepakan Solance berhasil diblok.

Lima menit kemudian, giliran Liverpool yang memiliki peluang melalui James Milner. Menyambut umpan Mohamed Salah, Milner menendang bola dari sisi kiri kotak penalti. Namun tendangannya melenceng ke sisi kanan gawang

Peluang kemudian didapat oleh kedua tim. Pada menit ke-26, Bournemouth terlebih dulu mendapat peluang. Arnaut Groeneveld menendang bola dari jarak dekat memanfaatkan umpan Ryan Fraser. Namun melenceng ke sisi kanan.

Tak berapa lama, Liverpool juga menekan tuan rumah. Salah menyundul bola kiriman Joe Gomez. Namun tandukan penyerang asal Mesir ini berhasil diredam kiper.

Kebuntuan berakhir pada menit ke-35. Liverpool unggul 1-0 atas melalui gol yang dilesakkan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-35.

Gol bermula dari aksi Jordan Henderson yang mengirim umpan langsung. Bola dimanfaatkan Alex Oxlade-Chamberlain yang sudah berada di depan gawang dengan tendangan kaki kanan. Bola yang bergulir ke sisi kiri bawah gawang tak mampu diselamatkan kiper Aaron Ramsdale.

Liverpool memperbesar keunggulan atas tuan rumah menjadi 2-0 melalui gol dilesakkan Naby Keita pada menit ke-44.
Mohamed Salah terlibat dalam gol kedua pasukan The Reds.

Dialah yang mengirimkan umpan untuk Keita. Keita menyambut bola kiriman Salah dengan tendang kaki kanan dari tengah kotak penalti. Bola pun bergulir ke pojok kanan bawah dan tak mampu diselamatkan kiper.

Keunggulan 2-0 yang dicatat Liverpool hingga babak pertama usai.

Saat babak kedua baru berlangsung sembilan menit, Liverpool kembali memperbesar keunggulan. Mohamed Salah membawa timnya memimpin 3-0 pada menit ke-54.

Gol terjadi setelah Mohamed Salah memanfaatkan umpan langsung Naby Keita. Salah berhasil memaksimalkan peluang ini dengan melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang membuat kiper tak berdaya.

Skor 3-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga laga usai. 

Susunan pemain:

Bournemouth (4-4-2): 12 Aaron Ramsdale; 2 Simon Francis, 33 Chris Mepham, 5 Nathan Ake (16 Lewis Cook 58), 21 Diego Rico; 24 Ryan Fraser, 8 Jefferson Lerma, 29 Philip Billing (16 Lewis Cook 58), 14 Arnaut Groeneveld; 9 Dominic Solanke, 13 Callum Wilson (4 Dan Gosling 64).

Liverpool (4-3-3): 1 Alisson; 12 Joseph Gomez, 6 Dejan Lovren (66 Trent Alexander-Arnold 40), 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson (48 Curtis Jones 76); 7 James Milner, 14 Jordan Henderson, 8 Naby Keita; 11 Mohamed Salah, 9 Roberto Firmino, 15 Alex Oxlade-Chamberlain (23 Xherdan Shaqiri 87).

 



Sumber: Sportinglife