Gilas Madura, Persija Aman dari Degradasi

Gilas Madura, Persija Aman dari Degradasi
Gelandang Persija Jakarta Sandi Sute (kedua kanan) dan Tony Sucipto (kanan) berusaha menghadang pesepak bola Madura United David Laly (kiri) pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019. ( Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 13 Desember 2019 | 21:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Persija berhasil mengamankan posisinya di Liga 1 setelah mengemas kemenangan telak 4-0 atas Madura United di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (13/12/2019). Kemenangan "Macan Kemayoran" ini bermakna ganda.

Hasil ini membawa Persija terhindar dari degradasi sekaligus mengirim Badak Lampung ke Liga 2.

Meski begitu, Persija sejatinya tampak gugup di awal permainan. Madura United bahkan mampu mendapatkan peluang berbahaya melalui tembakan kaki kiri Rakic yang masih melebar tipis di menit 11.

Persija langsung tersentak, sebuah sepakan bebas yang dieksekusi Ismed berhasil menemui Simic. Tetapi tandukan pria asal Kroasia tersebut masih melambung di atas gawang M. Ridho.

Ditekan secara teratur, lini belakang Madura United melakukan kesalahan fatal. Jaimerson menghalangi Simic meraih umpan silang dan Thoriq langsung menunjuk titik putih. Eksekusi penalti yang dilakukan oleh Simic sendiri berhasil mengecoh M. Ridho di menit 20.

Berselang enam menit, Ramdani berhasil menggandakan keunggulan Macan Kemayoran saat tembakan kerasnya di luar kotak penalti gagal dihentikan M. Ridho. Sebelum akhirnya, Jaimerson kembali melakukan kesalahan yang berbuah penalti lagi.

Dalam sebuah duel perebutan bola, dirinya jelas-jelas menendang kaki Fitra yang memiliki keuntungan posisi. Simic yang kembali menjadi eksekutor, kembali mengecoh M. Ridho di menit 29.

Madura United mencoba balik menekan di sisa waktu babak pertama, tetapi Rama justru membuat pelanggaran sekali lainnya di kotak penalti. Simic yang kembali menjadi eksekutor berhasil mengecoh M. Ridho sekali lagi untuk memastikan babak pertama ditutup dengan keunggulan mutlak 4-0.

Madura United masih belum membaik di awal babak kedua, Persija beberapa kali memberikan ancaman langsung ke gawang. Tembakan Novri memang masih melambung, tetapi sepakan Fitra dan aksi Riko memaksa M. Ridho bekerja lebih keras.

Dua perubahan lini tengah dilakukan kubu Madura United, dimana Abimanyu dan Zulfiandi ditarik keluar untuk digantikan Asep dan Guntur. Laskar Sape Kerrap terbukti lebih kuat dan mampu mengimbangi permainan tuan rumah di pertengahan babak kedua ini.

Tensi pertandingan meningkat di sisa waktu yang ada, terutama Jaimerson dan Simic yang terus berduel di lapangan. Tetapi Persija masih tetap bisa menjaga fokus untuk tidak terpengaruh cara bermain lawan dan memastikan tak ada gol tambahan tercipta.

Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Novri Setiawan, Sandi Sute, Rohit Chand, Fitra Ridwan, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Marko Simic

Madura United: M. Ridho, Marckho Meraudje, Ante Bakmaz, Jaimerson, Andik Rendika Rama, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Slamet Nurcahyono, David Laly, Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic



Sumber: Goal