Dua Gol Salah Membuat Liverpool Kian Mantap di Puncak

Dua Gol Salah Membuat Liverpool Kian Mantap di Puncak
Striker Liverpool, Mohamed Salah (kanan), berupaya melewati bek Watford Kiko Femenia dalam laga Premier League di Stadion Anfield pada 14 Desember 2019. (Foto: AFP / Paul Ellis)
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 14 Desember 2019 | 21:31 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Liverpool sukses menundukkan tamunya Watford 2-0 dalam laga pekan ke-17 Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (14/12/2019). Gol yang membawa tuan rumah meraih tiga poin seluruhnya diborong Mohamed Salah pada menit ke-38 dan 90.

Liverpool pun sukses meraih kemenangan ke 16 mereka di Premier League musim ini sekaligus memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen. Liverpool kini kokoh di puncak klasemen dengan raihan 49 poin, unggul 11 poin atas penghuni urutan kedua Leicester City.

Liverpool juga mempertahankan rekor belum terkalahkan di Premier League musim ini dengan meraih 16 kemenangan dan sekali seri.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp, yang baru saja memperpanjang kontrak hingga 2024, harus kehilangan Dejan Lovren karena cedera otot.

Berbeda dari biasanya yang mengandalkan formasi 4-3-3, kali ini Klopp mengusung formasi 4-2-3-1. Mohamed Salah akan menjadi ujung tombak tunggal dengan ditopang tiga pemain yakni Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Xherdan Shaqiri.

Jordan Henderson dan Georginio Wijnaldum menjadi gelandang yang menjadi jangkar di depan empat pemain belakang. Keempat pemain yang menjadi andalan di lini pertahanan adalah Joseph Gomez alias Joe Gomez dan Virgil van Dijk di jantung pertahanan serta Trent Alexander-Arnold di sisi kanan serta James Milner di kiri.

Sementara posisi penjaga gawang tetap dipercayakan kepada Alisson.

Di kubu Watford, manajer Nigel Pearson juga mengusung formasi serupa. Troy Deeney menjadi striker tunggal di barisan depan. Dia dibantu tiga pemain di lini tengah yakni Gerard Deulofeu, Will Hughes, dan Ismaila Sarr.

Posisi penjaga gawang diperayakan kepada Ben Foster. Dia dikawal empat bek yakni Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Christian Kabasele, Kiko Femenia.

Dua gelandang Abdoulaye Doucoure dan Etienne Capoue berposisi di depan empat bek.

Setelah tak juga membuat peluang, Liverpool akhirnya berhasil menjebol gawang Watford pada menit ke-38. Gol yang membuat pasukan Jurgen Klopp unggul dilesakkan Mohamed Salah pada menit ke-38.

Gol bermula dari serangan balik yang dibangun The Reds. Bola kemudian dikuasai Sadio Mane yang memberi umpan ke depan gawang. Bola kemudian berhasil dimanfaatkan dengan maksimal oleh Salah. Dia melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti ke arah pojok kanan atas gawang yang tak bisa diantisipasi kiper.

Ini merupakan tembakan pertama Liverpool tepat ke gawang Watford pada babak pertama. Dan ternyata peluang ini mampu dimanfaatkan menjadi gol. Keunggulan 1-0 untuk Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Liverpool tetap menerapkan permainan menyerang sejak babak kedua dimulai. Mereka sebenarnya berhasil menjebol gawang Watford pada menit ke-50 melalui aksi Sadio Mane.

Namun setelah wasit Andre Marriner meminta bantuan video bantuan wasit (VAR), sang pengadil akhirnya memutuskan gol tersebut dianulir. Liverpool pun gagal menambah keunggulan.

Empat menit kemudian, giliran Watford yang memiliki peluang. Setelah mendapat sodoran dari striker Troy Deeney, Gerard Deulofeu melepaskan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Namun peluang ini berhasil digagalkan Alisson yang menangkap bola tepat di tengah gawang.

Menit ke-59, Liverpool harus melakukan pergantian pemain. Pasalnya, gelandang Georginio Wijnaldum mengalami cedera. Klopp pun memasukkan Andrew Robertson sebagai penggantinya.

Peluang Liverpool terjadi dua kali pada menit ke-63. Pertama dilakukan Roberto Firmino. Sayang tembakan kaki kirinya berhasil digagalkan kiper. Kesempatan berikutnya didapatkan Liverpool melalui Mohamed Salah. Namun tendangan kaki kirinya memanfaatkan umpan Jordan Henderson meleset ke sisi kiri.

Di pengujung pertandingan Liverpool ternyata masih mampu menambah keunggulan kembali melalui aksi Salah. Pemain tim nasional Mesir ini berhasil memanfaatkan umpan Divock Origi. Wasit sempat kembali meminta bantuan VAR. Gol ini dianggap sah oleh wasit dan membuat Liverpool unggul 2-0. 

Tak berapa lama wasit meniup peluit panjang. Liverpool pun meraih kemenangan ke-16 musim ini dan mantap bertemgger di puncak klasemen. 

Susunan pemain:

Liverpool (4-2-3-1): 1 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold, 12 Joseph Gomez, 4 Virgil van Dijk, 7 James Milner; 14 Jordan Henderson, 5 Georginio Wijnaldum (26 Andrew Robertson 59); 23 Xherdan Shaqiri (15 Alex Oxlade-Chamberlain 70), 9 Roberto Firmino (27 Divock Origi 88), 10 Sadio Mane; 11 Mohamed Salah.

Watford (4-2-3-1): 26 Ben Foster; 6 Adrian Mariappa, 15 Craig Cathcart, 27 Christian Kabasele, 21 Kiko Femenia; 16 Abdoulaye Doucoure (20 Domingos Quina 87), 29 Etienne Capoue; 7 Gerard Deulofeu, 19 Will Hughes, 23 Ismaila Sarr; 9 Troy Deeney (18 Andre Gray 75).



Sumber: Sportinglife