VAR Buat Chelsea Telan Kekalahan Keenam

VAR Buat Chelsea Telan Kekalahan Keenam
Para pemain Chelsea (biru) terlibat duel di udara dengan pemain Bournemouth saat laga Premier League di Stanford Bridge, 14 Desember 2019. (Foto: AFP)
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 14 Desember 2019 | 23:46 WIB

London, Beritasatu.com - Chelsea menelan kekalahan 0-1 saat berhadapan dengan tamunya Bournemouth pada lanjutan kompetisi Premier League di pekan ke-17, di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (14/12/2019).

Gol yang membuat Chelsea gagal meraih poin dalam laga ini dilesakkan Dan Gosling pada menit ke-84. Gol baru disahkan setelah wasit meminta bantuan video assistant referee (VAR) karena sebelumnya Gosling diduga offside

Bagi Chelsea, ini merupakan kekalahan keenam kalinya di Premier League musim ini. Mereka masih bertengger di posisi keempat dengan raihan 29 poin dari 17 pertandingan. Sementara, Bournemouth naik satu peringkat ke urutan ke-14 dengan mengoleksi 19 poin.

Chelsea mengusung formasi 4-2-3-1 untuk bisa meraih kemenangan ke-10 mereka di Premier League musim ini. Manajer Frank Lampard memasang Tammy Abraham sebagai striker tunggal di lini depan.

Dia dibantu trio Willian, Mason Mount, dan Christian Pulisic di belakangnya. N'Golo Kante dan Jorginho berduet di depan empat bek. Lini belakang dijaga Antonio Ruediger dan Kurt Zouma di jantung pertahanan. Serta Cesar Azpilicueta dan Emerson di sisi kanan dan kiri. Sementara posisi penjaga gawang tetap dipercayakan kepada Kepa Arrizabalaga.

Sementara di kubu Bournemouth, manajer Eddie Howe menurunkan formasi 4-5-1 atau menumpuk lima pemain di lini tengah. Dia memasang Joshua King sebagai penyerang tunggal. Sementara Dan Gosling dan Ryan Fraser dipercaya menjadi pemain sayap di kanan dan kiri.

Motor lini tengah diserahkan kepada Lewis Cook, Jefferson Lerma, dan Philip Billing. Kiper Aaron Ramsdale dikawal empat bek yakni Jack Stacey, Simon Francis, Chris Mepham, dan Diego Rico.

Chelsea sebenarnya tampil dominan sepanjang laga. Namun penyelesaian akhir menjadi kelemahan Chelsea dalam laga ini. Frank Lampar sempat mamainkan tiga striker secara bersamaan yakni Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi dan Michy Batshuayi. Namun gol tak juga tercipta.

Pada awal laga, Bournemouth sempat mengancam melalui aksi Ryan Fraser memanfaatkan sodoran Dan Gosling. Namun tembakan kaki kanan Fraser dari sisi kiri kotak penalti itu berhasil diselamatkan kiper Kepa Arrizabalaga.

Lima menit kemudian giliran Chelsea mendapat kesempatan. Mendapat sodoran dari Jorginho, MAson Mount melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti. Namun peluang ini berhasil digagalkan kiper tim tamu, Aaron Ramsdale.

Chelsea hanya melepaskan dua tendangan tepat ke arah gawang pada babak pertama ini. Sementara Bournemouth hanya satu. Namun tak satu pun dari semua tembakan itu yang membuahkan gol.

Memasuki babak kedua Chelsea masih mendominasi penguasaan bola. Namun Bournemouth justru yang memiliki peluang melalui Joshua King pada menit ke-52. Joshua King melepaskan tendangan setelah mendapat sodoran Ryan Fraser namun berhasil diblok pemain Chelsea. 

Pada menit ke-73, Chelsea sebenarnya nyaris membuat gol. Kerja sama Tammy Abraham dan  Callum Hudson-Odoi hampir saja menjebol gawang Bournemouth. Namun kecemerlangan kiper Aaron Ramsdale membuat Chelsea kembali harus gigit jari. 

Gol akhirnya terjadi pada menit ke-84. Namun bukan untuk Chelsea tapi untuk tim tamu. Gol dicetak oleh Dan Gosling yang berbau offside.

Wasit Graham Scott kemudian meminta bantuan VAR untuk memastikan apakah gol ini sah. Hasil VAR menunjukkan Gosling tak berada dalam posisi offside. Gol pun disahkan dan Bournemouth unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1): 1 Kepa Arrizabalaga; 28 Cesar Azpilicueta, 2 Antonio Ruediger, 15 Kurt Zouma, 33 Emerson; 7 N'Golo Kante, 5 Jorginho (23 Michy Batshuayi 78); 10 Willian (20 Callum Hudson-Odoi 65), 19 Mason Mount, 22 Christian Pulisic (17 Mateo Kovacic 65); 9 Tammy Abraham.

Bournemouth (4-5-1): 12 Aaron Ramsdale; 17 Jack Stacey, 2 Simon Francis, 33 Chris Mepham, 21 Diego Rico; 4 Dan Gosling, 16 Lewis Cook, 8 Jefferson Lerma, 29 Philip Billing, 24 Ryan Fraser; 7 Joshua King (9 Dominic Solanke 75).

 



Sumber: Sportinglife