Tundukkan Sassuolo, Napoli Akhiri Paceklik Kemenangan

Tundukkan Sassuolo, Napoli Akhiri Paceklik Kemenangan
Gelandang Napoli, Fabian Ruiz (kiri), berupaya menguasai bola saat berduel dengan pemain Sassuolo, Alfred Duncan (kanan). ( Foto: ANTARA )
/ JAS Senin, 23 Desember 2019 | 07:19 WIB

Sassuolo, Beritasatu.com - Napoli mengakhiri paceklik kemenangan di Serie A selama delapan laga dengan menundukkan Sassuolo 2-1, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Mapei, Sassuolo, Minggu (22/12/2019) atau Senin dini hari WIB.

Partenopei tertinggal terlebih dahulu saat gol Hamed Junior Traore pada menit ke-29 membawa Sassuolo memimpin, sebelum Allan (57) menyamakan kedudukan. Gol bunuh diri Pedro Obiang (94') kemudian mengamankan tiga poin bagi Napoli.

Sebelum pertandingan ini, terakhir kali Napoli meraih kemenangan di Serie A adalah saat menjamu Verona pada 19 Oktober silam. Napoli kemudian mengganti pelatih Carlo Ancelotti dengan Gennaro Gattuso pada 11 Desember 2019. Inilah kemenangan pertama Napoli di tangan Gattuso.

Kemenangan di Sassuolo ini mendongkrak Napoli ke peringkat kedelapan dengan 24 poin, sedangkan Sassuolo tertahan di peringkat ke-12 dengan 19 poin.

Laga ini hampir dibuka dengan sempurna oleh tuan rumah, ketika dari situasi tendangan sudut Manuel Locatelli dapat menanduk bola ke tiang dekat, namun bola masih dapat disapu Mario Rui sebelum melewati garis gawang.

Kerja keras Sassuolo untuk mendapatkan gol akhirnya terbayar saat Locatelli mengirimkan umpan silang yang diteruskan sepakan voli Traore untuk melewati sela-sela kaki kiper Alex Meret.

Menjelang turun minum, Sassuolo berpeluang menggandakan keunggulan mereka. Locatelli merangsek ke depan dan mengirimkan bola ke sisi kanan, tetapi kali ini sepakan Traore dapat digagalkan Meret.

Memasuki babak kedua, Napoli mencoba memperbaiki permainan. Lorenzo Insigne sempat mengecoh kiper Gianluca Pegolo. Namun meski telah terkecoh sang kiper masih mampu menendang bola saat terjatuh.

Elseid Hysaj sempat meminta penalti saat merasa Locatelli merangkulnya sehingga ia tidak dapat melompat, tetapi VAR memilih untuk tidak mengintervensi.

Napoli akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat Allan mendapat operan dari Piotr Zielinski, menerobos jajaran empat pemain Sassuolo, dan melepaskan tembakan keras ke bagian atas gawang Sassuolo.

Pemain Brasil itu hampir mengemas gol keduanya beberapa saat kemudian, tetapi kali ini sepakannya dapat ditahan Fillipo Romagna.

Napoli menggempur habis-habisan pada fase akhir pertandingan, dan mereka memiliki tiga peluang yang gagal dimanfaatkan. Pertama saat tembakan Jose Callejon melambung di atas mistar gawang, kemudian upaya Insigne dapat digagalkan Locatelli, dan sepakan Dries Mertens melebar.

Mereka sempat menjebol gawang Sassuolo pada menit ke-81, saat Pegolo menepis bola tembakan Mertens, yang kemudian mengenai Callejon dan masuk ke gawang. Tetapi Callejon telah berada dalam posisi offside.

Gol penentu kemenangan baru tercipta menjelang laga usai, saat Giovanni Di Lorenzo mengirimkan bola kepada Eljif Elmas, namun bola justru masuk ke gawang Sassuolo akibat terkena kaki Obiang.

Susunan pemain:

Sassuolo (4-2-3-1): Gianluca Pegolo, Mert Muldur, Marlon (Filippo Romagna 51') Federico Peluso, Girgios Kyriakopoulos, Pedro Obiang, Manuel Locatelli, Alfred Duncan (Filip Djuricic 64'), Hamed Junior Traore, Jeremie Boga (Francesco Magnanelli 82'), Francesco Caputo

Napoli (4-3-3): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Sebastiano Luperto (Elseid Hysaj 46'), Mario Rui, Fabian Ruiz (Eiljif Elmas 70'), Allan, Piotr Zielinski, Jose Callejon, Arkadiusz Milik (Dries Mertens 77'), Lorenzo Insigne



Sumber: ANTARA/Serie A