Pecat Valverde, Barcelona Angkat Setien Jadi Pelatih

Pecat Valverde, Barcelona Angkat Setien Jadi Pelatih
Pelatih Barcelona Quique Setien. (Foto: AFP)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Selasa, 14 Januari 2020 | 07:43 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Klub Barcelona akhirnya memutuskan untuk memecat Ernesto Valverde sebagai pelatih. Selanjutnya, dewan direksi memilih nama mantan pelatih Real Betis Quique Setien sebagai pengganti.

Setien yang sebelumnya menangani klub Las Palmas, menyepakati kontrak sampai akhir musim 2022. Pelatih berusia 61 tahun itu akan memulai tugas resminya pada hari ini, Selasa (14/1/2020).

Valverde, yang memimpin Barca meraih gelar La Liga berturut-turut pada 2018 dan 2019, mendapat kecaman musim ini karena penurunan tim di level kinerja meskipun mereka memuncaki klasemen liga pada titik tengah kampanye.

"FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang menyatukan kedua belah pihak," bunyi pernyataan Barca.

"Klub secara terbuka menyatakan terima kasih kepada Ernesto Valverde atas profesionalisme, komitmen, dedikasi, dan perlakuannya yang selalu positif terhadap semua yang membentuk keluarga Barca. Kami berharap dia beruntung dan sukses di masa depan."

Valverde yang berusia 55 tahun adalah pelatih pertama yang didepak Barca disaat kompetisi masih berlangsung sejak Louis van Gaal dipecat pada Januari 2003 dengan tim yang berada di urutan ke-12 di klasemen. Selain gelar liga berturut-turut, Valverde juga memenangkan Copa del Rey pada 2018 setelah mengambil alih pada 2017.

Barcelona saat ini memimpin La Liga dengan 40 poin, di atas Real Madrid yang berada di urutan kedua karena selisih gol. Barca juga masuk ke 16 besar Liga Champions, di mana mereka akan menghadapi Napoli.

Meskipun ia memiliki rekor domestik yang hebat, posisi Valverde dilemahkan oleh kegagalannya memenangkan Liga Champions,  setelah disingkirkan AS Roma pada 2018 dan Liverpool pada 2019 setelah unggul tiga gol dalam setiap pertandingan. 

Tekanan kepada Valverde semakin besar setelah bermain imbang 2-2 dengan Espanyol dan kekalahan 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol.



Sumber: Reuters