"Setan Merah" Tumbang di Old Trafford

Pemain Burnley meluapkan kegembiraan setelah Jay Rodriguez (kanan) menjebol gawang Manchester United. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 23 Januari 2020 | 06:08 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Manchester United tak berdaya ketika menjamu Burnley pada lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Kamis (23/1/2020) dini hari. "Setan Merah" - julukan MU yang berambisi bangkit usai dikalahkan Liverpool pekan lalu akhirnya harus menyerah 0-2 dari Burnley. 

Kemenangan in menjadi yang pertama bagi Burnley di Old Trafford sejak 1962. Kemenangan ini juga mengantarkan The Clarets ke peringkat 13 dengan raihan 30 poin.

Sementara United tertahan di posisi kelima dengan raihan 34 angka. Nilai yang sama dengan Tottenham Hotspur dan Wolverhampton Wanderers yang berada di bawah mereka karena kalah selisih gol.

MU yang bermain tanpa Marcus Rashford sebenarnya tampil meyakinkan sejak awal pertandingan. Mereka mampu menebar ancaman terlebih dahulu meski sontekan Anthony Martial yang masih melebar. 

Burnley tidak tinggal diam dengan balik mengancam di pertengahan babak pertama. Sayangnya tandukan Wodd masih melenceng dari sasaran. Tekanan terus diberikan MU diantaranya sepakan jarak jauh Wan-Bissaka yang masih bisa diamankan Pope dengan mudah. Sementara aksi Martial dihentikan dengan sempurna oleh Taylor di dalam kotak penalti.

Keasyikan menyerang, MU lengah. Burnley mampu mencuri keunggulan dengan memanfaatkan sepakan bebas, Mee berhasil meneruskan bola lambung tersebut kepada Wood yang langsung menyambarnya dengan tembakan kaki kiri keras di menit 39. Skor 1-0 untuk Burnley.

MU berusaha untuk mencetak gol penyeimbang tetapi selalu kandas dalam penyelesaian akhir. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

MU berusaha membalas di awal babak kedua. Namun pasukan Ole Gunnar Solskjaer kian terpuruk setelah Burnley mampu mengemas gol kedua. Kombinasi apik satu dua diakhiri tembakan keras Jay Rodriguez ke tiang dekat tanpa mampu diamankan De Gea di menit 56.

Upaya MU untuk bisa mencetak gol selalu kandas. Sepakan James berhasil diamankan Pope, sedangkan aksi Juan Mata juga lewat tendangannya masih tidak menemui sasaran. Kebuntuan ini direspons Solskjaer dengan memasukkan Jese Lingard dan Luke Shaw di menit 79.

Tekanan dan ancaman terus diberikan pemain MU  diantaranya usaha Martial yang kembali mampu dipatahkan Pope sementara tembakan Greenwood masih melambung. Dewi fortuna pun benar-benar menjauhi kubu Old Trafford.

Shaw sempat menggetarkan jala gawang, tetapi VAR menganulir keputusan tersebut setelah melihat Shaw mendorong Hendrick dalam prosesnya. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Manchester United: David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Phil Jones, Harry Maguire, Brandon Williams; Fred, Nemanja Matic; Andreas Pereira, Juan Mata, Daniel James; Anthony Martial.

Burnley: Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Jeff Hendrick, Jack Cork, Ashley Westwood, Dwight McNeil; Chris Wood, Jay Rodriguez.



Sumber: BeritaSatu.com