Tumbang di Valencia, Barca Terancam Digusur Real Madrid

Tumbang di Valencia, Barca Terancam Digusur Real Madrid
Striker Barcelona, Lionel Messi (ketiga kiri) saat berupaya lepas dari kawalan pemain Valencia Geoffrey Kondogbia (kedua kiri) dalam laga La Liga, di Stadion Mestalla, Sabtu, 25 Januari 2020. ( Foto: AFP )
/ JAS Minggu, 26 Januari 2020 | 06:37 WIB

Valencia, Beritasatu.com - Barcelona tampil dominan tapi gagal menghasilkan apapun dan malah tersungkur  dan menelan kekalahan 0-2 dari tuan rumah Valencia dalam laga pekan ke-21 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (25/1/2020).

Dominasi hampir 73 persen penguasaan bola sepanjang laga tak mampu dikonversi menjadi satu gol pun oleh Barcelona, yang kalah akibat gol bunuh diri Jordi Alba disusul tembakan melengkung Maxi Gomez.

Hasil itu jadi kekalahan pertama Barcelona di bawah asuhan nakhoda baru Quique Setien. Akibatnya posisi mereka di puncak klasemen terancam digusur oleh Real Madrid yang baru main pada Minggu atau Senin dini hari WIB. Barcelona dan Real Madrid sama-sama memiliki 43 poin dan hanya dipisahkan agresivitas gol.

Sedangkan bagi Valencia kemenangan itu mengangkat posisi mereka ke lima besar klasemen dengan raihan 34 poin.

Kendati banyak menguasai bola, gawang Barcelona lebih kerap diancam oleh para pemain Valencia sepanjang babak pertama dan Blaugrana harus bersyukur punya kiper sekelas Marc-Andre ter Stegen berjaga di bawah mistar gawang mereka.

Ter Stegen bahkan mementahkan eksekusi penalti Gomez pada menit ke-12 setelah Gerard Pique menghadiahi tuan rumah dengan pelanggaran terhadap Jose Gaya di dalam area terlarang.

Kiper asal Jerman itu juga melakukan empat penyelamatan gemilang lain untuk memastikan gawang Barcelona masih suci hingga babak pertama berakhir.

Namun, tiga menit setelah sepak lanjut babak kedua Ter Stegen tak berdaya lantaran bola tembakan Gomez lebih dulu membentur Alba dan arahnya berbelok mengecoh sebelum bersarang ke dalam gawang.

Ketertinggalan membuat Barcelona lebih banyak berusaha menyelesaikan serangan mereka dengan baik dan Lionel Messi hampir menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas khasnya, tetapi kiper Jaume Domenech cermat membaca arah bola untuk menepisnya pada menit ke-74.

Tiga menit kemudian, justru Valencia berhasil menggandakan keunggulan lewat gol "kedua" Gomez. Berawal dari aksi Ferran Torres memperdaya Samuel Umtiti, bola dikirimkan menjadi umpan terobosan yang kemudian diselesaikan Gomez dengan tembakan melengkung tak terjangkau Ter Stegen.

Barcelona berusaha bangkit, tetapi tendangan bebas Messi melambung dan peluang lain yang dimilikinya pada injury time berhasil dijinakkan Domenech. Valencia menang 2-0.

Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Ferran Torres, Francis Coquelin, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler (Sobrino); Kevin Gameiro (Rodrigo Moreno), Maxi Gomez (Jaume Costa)
Pelatih: Albert Celades

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergio Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Ivan Rakitic); Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ansu Fati (Alex Collado)
Pelatih: Quique Setien



Sumber: ANTARA/La Liga