Format Baru Diperkenalkan di Piala Eropa 2020

Format Baru Diperkenalkan di Piala Eropa 2020
CEO RCTI, Kanti Mirdianti, Penasehat Presiden UEFA sekaligus legenda hidup pesepakbola Portugal, Luis Figo dan Direktur Utama MNC Vision Networks, Ade Tjandra mempromosikan Piala Eropa 2020 di MNC Studio Jakarta, Minggu 26 Januari 2020. ( Foto: BeritaSatu Photo / Hendro D Situmorang )
Hendro D Situmorang / YUD Minggu, 26 Januari 2020 | 17:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Legenda hidup sepakbola Eropa sekaligus mantan pemain timnas Portugal, Luis Figo mengaungkan Piala Eropa 2020 di Indonesia yang dijadwalkan bergulir pada 12 Juni-12 Juli mendatang. Dia datang ke Jakarta untuk mempromosikan kompetisi sepakbola terbesar di Eropa bersama MNC Group dan RCTI yang kembali dipercaya sebagai pemegang hak siar. Nantinya akan ada 39 pertandingan yang disiarkan secara langsung. Sementara di MNC Vision Network, ada 51 laga yang bakal ditayangkan.

Figo yang kini menjabat sebagai Penasehat Presiden UEFA mengatakan Euro 2020 kini menggunakan format baru yang berbeda dari biasanya, karena tidak menunjuk satu atau dua tuan rumah saja. Kali ini pertandingan bakal berlangsung di 12 kota dari 12 negara yang terpilih sebagai tuan rumah.

12 negara yang berhasil terpilih untuk jadi tuan rumah Piala Eropa 2020 itu ialah Inggris, Azerbaijan, Jerman, Italia, Rusia, Hungaria, Belanda, Rumania, Spanyol, Denmark, Skotlandia, dan Republik Irlandia.

“Perubahan format dilakukan dalam rangka memperingati 60 tahun berlangsungnya Piala Eropa. Maka dari itu, UEFA mengeluarkan format baru untuk Piala Eropa 2020. Nantinya ada setiap grup akan bermain di salah satu negara tuan rumah. Kami bertujuan ingin menyemarakkan kejuaraan ini di seluruh negara Eropa, tak hanya satu tuan rumah. Kejuaraan ini akan semakin menarik karena akan disiarkan di MNC Group,” kata Figo yang ditemani CEO RCTI, Kanti Mirdianti dan Direktur Utama MNC Vision Networks, Ade Tjandra di MNC Studio Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Mantan punggawa Barcelona dan Real Madrid itu mengaku Piala Eropa 2020 bakal lebih istimewa karena jumlah tuan rumah yang dibuat menjadi 12 negara dan teknologi yang akan lebih canggih dengan penggunaan VAR. Baginya keseruan Piala Eropa nanti bakal terselenggara lebih global sehingga membuat persaingan makin ketat.

“Kami bangga bisa terus menayangkan Euro sejak 1996 dan ini merupakan ketujuh kalinya secara berturut-turut. RCTI selalu yang mendapat kesempatan menjadi official broadcaster UEFA Euro. Sebagai stasiun televisi swasta tertua di Indonesia, kami berjanji akan menyajikan tayangan terbaik selama Piala Eropa 2020 berlangsung. Tapi di sisi lain, kami juga punya tanggung jawab besar. Para pemirsa tentu berharap sesuatu yang lebih dari kami dan siap mewujudkan itu,” ungkap CEO RCTI Kanti Mirdiati.

CEO PT MNC Vision Networks (MVN), Ade Tjendra, mengatakan UEFA Euro merupakan liga sepakbola bergengsi 4 tahunan
yang kerap dinantikan oleh para pecinta sepakbola di Indonesia dan dunia. Sebagai platform TV berlangganan terbesar dan terlengkap, pihaknya tentunya ingin memberikan layanan terbaik untuk keluarga Indonesia dengan menghadirkan tayangan pertandingan UEFA Euro 2020 sebagai official broadcaster.

"Tayangan konten berkualitas ini akan menjadi nilai tambah yang dapat memuaskan para pelanggan maupun calon pelanggan
kami dalam memilih TV berlangganan,” kata Ade Tjendra.

Event 4 tahunan sepakbola antarnegara paling bergengsi di Eropa akan diikuti 24 kontestan. Format Euro 2020 kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Nantinya 24 negara yang berpartispasi akan dibagi ke dalam enam grup. Laga semifinal dan final akan digelar di stadion termegah di Inggris yakni Stadion Wembley.



Sumber: Suara Pembaruan